Auditorium Utama, BERITA UIN Online– Lingkar Studi Ekonomi Syariah (LISENSI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) bekerjasama dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI) UIN Jakarta menggelar Seminar Nasional “WeShare” dengan tema Spirit Hijrah Dalam Bisnis Syariah, dilaksanakan di Auditorium Harun Nasution, Rabu (16/03).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Yusron Razak, MA ini menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Dr A Riawan Amin M.Sc (The Founder of Celestial Management Foundation and Trains Islamic Management and Ethics to Thousand Participants (Mostly Bankers)), Bapak Setyajid (Owner d’Besto Chicken  and Burger), Dr M Arief Mufraini LC MA (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Ahmad Buchori (Direktur DPBS OJK), dan Nyimas Rohmah (Deputi Otoritas Jasa Keuangan).

Disampaikan wakil rektor, bahwa masyarakat Indonesia dalam mengembangkan industri keuangan syariah tanah air memiliki peran yang penting, sehingga berbagai lembaga keuangan dan bisnis syariah berjamuran bak cendawan di musim hujan saat ini. “Masyarakat yang tergabung dalam sebuah komunitas ekonomi syariah semakin menyuburkan gerakan ekonomi syariah di Indonesia,” ujarnya.

“Segenap Keluarga Besar UIN Jakarta sangat senang dan apresiasi dengan terselenggaranya Seminar Nasional Ekonomi Syariah ini. Kegiatan studi Ekonomi Syariah di UIN sendiri sudah banyak dan berkembang. Semoga kelak bisa membantu perekonomian di Indonesia juga.” harapnya.

Di tempat yang sama, Riawan mengatakan, model bisnis ekonomi dan keuangan syariah yang berbasis komunitas merupakan model yang tepat dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Usaha kecil dan menengah memiliki peran yang tak kalah pentingnya untuk menangkal penetrasi UMKM dari luar yang semakin besar dengan adanya liberalisasi ASEAN,” jelasnya. (SF)

Share This