UIN Jakarta Dipercaya Distribusikan Buku The Asian Foundation

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

PU, BERITA UIN Online– Perpustakaan Umum (PU) UIN Jakarta selama 7 tahun dipercaya oleh The Asian Foundation untuk mendistribusikan buku-buku ke sejumlah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Tiap tahun setidaknya terdapat 8 PTAIN yang mendapatkan bantuan buku-buku itu secara bergilir.

“Sejak 2006 sampai sekarang kita diminta untuk mendistribusikan buku-buku mereka. Jumlahnya ribuan. Yang terakhir datang dua hari yang lalu,” ujar Wakil Kepala PU Amrullah Hasbana MA di ruang kerjanya, Kantor PU, Rabu (6/3/2013).

Menurutnya, buku-buku bantuan itu merupakan bentuk kerjasama antara UIN Jakarta dengan pihak The Asia Foundation. “Ini merupakan bentuk konskwensi kerjasama kita dengan mereka. Kita punya kewajiban untuk mengirimkan jurnal-jurnal yang diterbitkan UIN Jakarta kepada mereka,” terang Amrullah.

Ia menambahkan, tema-tema buku-buku yang dikirim ke PTAIN itu beragam jenisnya, dari ekonomi, sosial, politik, bahasa, pendidikan, sosilologi, dan lain-lainnya. “Semua tema ada. Tapi untuk tema-tema agama mereka tidak mengirim,” paparnya.

Diakuinya, buku-buku tersebut cukup membantu bagi sivitas akademik UIN Jakarta dan masyarakat Indonesia. Alasannya, untuk mendapatkan buku tersebut pihak PTAIN tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian.

Kini ribuan buku itu masih teronggok di sejumlah ruang PU. “Kami belum punya anggaran untuk mengirim kepada PTAIN yang berhak. The Asia Foundation tidak memberi dana pengiriman,” imbuhnnya. (Dewi Antariksa/Saifudin)