UIN Jakarta dan STAB Nalanda Buka Konsentrasi Agama Budha

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online– Setelah Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, kini Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Nalanda Cakung juga sepakat menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pembukaan Konsentrasi Perbandingan Agama Budha di Fakultas Ushuluddin Program Studi Perbandingan Agama pada Kamis, (14/3/13) di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat lantai 2.

Penandatanganan MoU itu dilakukan Ketua STAB Nalanda, Lauw Acep SAg MPdB dan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga UIN Jakarta Dr Jamhari Makhruf MA, serta disaksikan sejumlah pejabat dari kedua belah pihak. Di samping itu, dalam acara tersebut dibicarakan juga mengenai teknis pelaksanaan bentuk kerjasama yang akan diselenggarakan.

“Berdasarkan pengalaman dengan IHDN Denpasar, untuk teknis pelaksanaannya bisa mengadopsi dari yang sudah ada atau sepenuhnya kami serahkan kepada kedua belah pihak untuk dibicarakan lebih lanjut,” ujar Jamhari.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STAB Nalanda, Lauw Acep menjelaskan, bahwa STAB Nalanda yang berdiri pada tahun 1979, saat ini sudah memiliki 14 cabang di seluruh Indonesia dengan hanya membuka dua program studi (prodi), yaitu Prodi Dharma Acariya (Pendidikan Guru Agama Budha) dan Prodi Dharma Duta (Pengemban Misi Agama Budha).

“Kita juga akan membuka Prodi Dharma Husada (Pengobatan Tradisional Budha), namun hanya Prodi Dharma Acariya ini yang akan kita kerjasamakan di UIN Jakarta, khususnya dengan Prodi Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin, selanjutnya baru prodi-prodi yang lain,” imbuhnya. (Muhammad Furqon)