Gedung PPB, BERITA UIN Online– UIN Jakarta melalui Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) kembali membuka kelas Bahasa Indonesia Level Lanjutan untuk calon mahasiswa asing dan mahasiswa asing UIN Jakarta.

“Ada dua kelas yang dibuka, yaitu Kelas Pemula Lanjutan Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) 2 dan Kelas Madya Lanjutan BIPA 4. Untuk itu, kami mengundang teman-teman untuk hadir dalam acara Pembukaan Kelas Bahasa Indonesia Lanjutan dan Reviu Textbook Bahasa Indonesia pada Kamis, 7 Desember 2017 pukul 13.00-16.00 di Ruang 301 Gedung PPB,” ujar Kepala PPB Siti Nurul Azkiya PhD di ruang kerjanya, Rabu (6/12/2017).

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, lanjutnya, berupa kontrak belajar bagi mahasiswa dan pemberian sertifikat hasil tes terakhir serta reviu textbook bahasa Indonesia bagi 25 mahasiswa asing dengan fasilitas makan siang dan kudapan.

Bagi mahasiswa asing yang ingin mengikuti kegiatan yang tidak dipungut biaya tersebut, Azkiya memberikan catatan agar dapat lolos untuk mengikuti kegiatan dimaksud, yaitu mahasiswa asing yang baru mengikuti kelas pemula tahun 2017 akan mengikuti Kelas Pemula Lanjutan (BIPA 2), sedangkan mahasiswa asing yang telah mengikuti kelas sampai Level Madya Awal (BIPA 3), akan mengikuti kelas Madya Lanjutan (BIPA 4), sementara mahasiswa asing yang berbahasa Melayu (Malaysia, Thailand, Timor Leste) akan mengikuti Kelas Madya Lanjutan (BIPA 4).

Ditegaskannya, untuk pendaftaran, calon peserta dapat mendaftarkan diri ke ke Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) UIN Jakarta melalui Novi Zuhro di lantai dasar Gedung Rektorat atau daftar langsung ke kantor PPB Kampus 2 UIN Jakarta melalui Dr Rosyida Erowati.

Tercatat dalam pendaftaran PLKI maupun PPB, sampai berita ini diturunkan, terdapat 18 mahasiswa asing yang mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut, yaitu mahasiswa asal Kanada (1 orang), Afrika Selatan (1 orang), Tajikistan (1 orang), Gambia ( 8 orang), Timor Leste (2 orang), Yaman (1 orang), dan Thailand (3 orang). (mf)

Share This