UIN Jakarta Buat Film Dokumenter

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Kampus UIN, BERITA UIN Online – Keinginan UIN Jakarta untuk membuat sebuah film dokumenter akhirnya terwujud. Sejak sepekan kemarin hingga Sabtu (28/4) ini, proses pembuatan film berdurasi sekitar 20 menit itu masih berlangsung. Lokasi pengambilan gambar meliputi kampus 1 dan kampus 2 di wilayah Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Menurut Kepala Biro Administasi Akademik dan Kemahasiswaan Drs Zaenal Arifin, MPd.I, film dokumenter UIN Jakarta dibuat sebagai media promosi publik. Film akan dibuat dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Arab, dan Inggris. “Film dokumenter tersebut nantinya dapat dijadikan alat presentasi tentang kampus UIN Jakarta serta souvenir para tamu, baik dari dalam maupun luar negeri,” katanya.

UIN Jakarta, menurut dia, sudah lama ingin membuat film dokumenter yang bermutu. Namun, mengingat masih banyak kendala teknis, pembuatan film kerap tertunda hingga baru digarap April ini. “Idenya sudah lama. Jadi, baru (bulan) April ini dilaksanakan,” ujar Zaenal.

Film dokumenter UIN Jakarta digarap oleh rumah produksi Rumah Gambar. Film berisi tentang berbagai kegiatan akademik, termasuk bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk membut film tersebut, sejumlah sivitas akademika juga dilibatkan, baik mahasiswa, dosen maupun karyawan. Mereka merupakan model yang dipilih sesuai kebutuhan pengambilan gambar, seperti aktivitas belajar mengajar di kelas, aktivitas di laboratorium, dan aktivitas di masyarakat.

Sedangkan lokasi untuk pengambilan gambar di antaranya di gedung sekolah pascasarjana, fakultas, pusat laboratorium terpadu, perpustakaan, serta gedung rektorat. Tak hanya itu, untuk memperkuat citra, pengambilan gambar juga dilakukan dari udara melalui pesawat helikopter yang disewa dari sebuah maskapai penerbangan lokal.

Menurut jadwal, semua pengambilan gambar tersebut akan berakhir hingga Minggu (28/4) besok. (ns)