Jakarta, BERITA UIN Online— Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta mengikuti acara Studi Perdamaian dan Transformasi Konflik. Acara tersebut dilaksanakan oleh International Institute of Development Studies (IIPDS) bekerjasama dengan Association Muslim Action Network (AMAN) bertempat di Bangkok, Thailand, Kamis, (04-18/02).

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (FITK) UIN Jakarta Dr Fauzan MA mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kami sangat mendukung kegiatan tersebut dengan berusaha mengutus mahasiswa untuk menghadirinya,” tandasnya.

Acara yang bertemakan Peace Studies and Conflict Transformation–Celebrating Diversity for Peace and Solidarity diikuti 30 orang perwakilan dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Gozambic, Vietnam, Korea, Belanda, Jepang, Bangladesh, Nepal, Thailand, Pakistan, Inggris, USA, dan Irak.

Adalah Muhammad Ihsan Nashihin (PAI) dan Ari Armadi (PBI) mahasiswa (FITK) UIN Jakarta yang mengikuti kegiatan tersebut. Saat ditemui tim kontributor BERITA UIN Online mengatakan antusiasnya saat mengikuti acara tersebut.

“Kami mempelajari keberagaman etnis, saling mengenal antar negara, dan mempelajari lebih mendalam tentang kondisi dunia dilihat dari perspektif perdamaian, kemanusiaan, solidaritas, dan nilai-nilai toleransi antar umat beragama” papar Armadi.

Ditambahkannya, keterlibatnnya dalam perhelatan akbar tersebut diharapkan menjadi jalan bagi mahasiswa UIN Jakarta untuk berperan aktif dalam forum-forum internasioanl untuk memperkuat perdamaian dunai.

Sekedar informasi, International Institute of Development Studies (IIPDS) menyediakan pelatihan untuk membangun perdamaian, transformasi konflik, negosiasi dan rekonsiliasi. Ini juga menjadi wadah forum lintas agama dan pertukaran dialog dalam rangka menciptakan solusi praktis untuk masalah-masalah sosial. (SF)

Share This