UIN Jakarta-Bank BTN Jalin Kerjasama Layanan Perbankan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Sidang Utama, BERITA UIN Online–UIN Jakarta dengan Bank BTN sepakat menandatangani nota kesepahaman kerjasama pengelolaan jasa dan layanan perbankan. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan Momorandum of Agreement (MoA) oleh Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat mewakili UIN Jakarta dan Direktur Housing and Commercil Banking Purwadi mewakili Bank BTN di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt. 2, Rabu (18/7).

Penandatanganan MoA itu disaksikan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar MA, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim MA, Kepala Biro Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi H Hamid Sholihin, sejumlah dekan, dan jajaran Bank BTN.

Rektor dalam sambutannya menjelaskan, kerjasama antara UIN Jakarta dengan BTN ini terdapat kepentingan yang sama, yaitu memajukan kepentingan bangsa.  “Ada kesamaan antara kita,  bagaimana membangun bangsa. Jadi kita sekadar kerja, tetapi juga melakukan pengabdian,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama UIN Jakarta dengan BTN adalah kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademik UIN Jakarta. Alasannya, selain dapat membangun bangsa secara bersama, juga menambah persahabatan sesama.

Dijelaskannya, bank merupakan salah satu pilar pembangunan bangsa di bidang keuangan dan perekonomian. Oleh karena itu, perbankan Indonesia diharapkan dapat mendorongkemajuan pembangunan masyarakat bersama perguruan tinggi.

Lebih dari itu, lanjut dia, perbankan Indonesia harus diberi tempat di Tanah Air sendiri di tengah arus hegemoni modal asing yang besar. “Di tengah-tengah investasi asing, kalau tidak kita jaga perbankan kita, maka kita akan kembali ke jaman VOC,”tegas Rektor mengingatkan.

Rektor menegaskan, kehidupan perbankan nasional laik didukung guna menjaga kedaulatan ekonomi nasional. Sebab, kini hampir seluruh kekayaan di Indonesia dikuasai oleh asing. “Ini perlu penjagaan kedaulatan. Kita harus hati-hati. dari mulai perut bumi Indonesia  sampai daratannya banyak dikuasai asing,”imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Purwadi menyatakan, pihaknya menyambut baik atas kerjasama ini. “Terima kasih, kami bekerjasama dengan UIN Jakarta. Kami dari perbankan ingin mengembangkan jasa dan layanan kami kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, selama ini BTN dikenal hanya memberikan bantuan layanan kredit kepemilikan rumah (KPR). Padahal, BTN juga memberikan berbagai bantuan lain, misalnya pemberian kredit bagi usaha kecil dan menengah, beasiswa, dan sebagainya. “Kita juga siap bekerjasama untuk pemberdayaan bagi orang kurang mampu,’tegas Purwadi.

Dijelaskannya, BTN kini telah mempunyai 646 kantor regional, 43 kantor layanan syari’ah, dan 1236 jaringan ATM. “Jadi kami tuumbuh dengan baik,”tandasnya.

Dalam  kesempatan tersebut, bank BTN juga menyalurkan beasiswa sebesar Rp 30 juta bagi 30 mahasiswa berprestasi dalam bidang wirausaha. Penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Direktur Housing and Commercil Banking Purwadi dan diterima oleh Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat. (D antariksa/Sdn)