UIN Jakarta Bangun Gedung FISIP

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Jaenuddin Ishaq

Kampus I, UIN Online - UIN Jakarta akan membangun gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di kawasan Kertamukti, Ciputat. Pembangunan Gedung FISIP akan dimulai awal Oktober, di atas lahan sekitar 10.000 meter persegi dan luas bangunan 12.000 meter persegi.

Ketua panitia Pembangunan Saeful Tasman SE mengatakan, gedung FISIP nantinya akan dibangun enam lantai sekaligus basement. Diharapkan pembangunan selesai pada akhir Desember mendatang. “Untuk anggarannya kita pinjaman dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP), berjumlah Rp 40 miliar,” kata Saeful saat ditemui UIN Online di ruang kerjanya, Gedung Rektorat lantai dua.

Pembangunan gedung FISIP yang terletak di wilayah Kertamukti, Ciputat menggunakan lahan Wisma Kertamukti atau berdampingan dengan Gedung Psikologi. Sebelumnya di atas atas lahan tersebut terdapat bangunan yang berfungsi sebagai Kantor Penguhubung atau Perwakilan Pemprov Jawa Barat di Jakarta. Kini pemanfaatan lahan tersebut dikelola UIN Jakarta.

Gedung FISIP, kata Saeful, rencananya akan dibangun melalui dua tahap. Tahap pertama diharapkan selesai akhir Desember. “Kita berharap, awal Januari anggaran yang baru sudah ada. Sehingga bisa dilanjutkan pembangunan tahap kedua,” ujarnya. Kini, selama pembangunan berlangsung, untuk sementara perkuliahan mahasiswa FISIP dilakukan di Fakultas Psikologi.

Pendirian FISIP dilakukan berdasarkan Keputusan Rektor UIN Jakarta No 162 Tahun 2009. Fakultas ini terdiri atas tiga program studi (prodi), yakni Ilmu Politik, Hubungan Internasional, dan Sosiologi.

Dengan berdirinya FISIP, UIN Jakarta kini memiliki lima fakultas umum dan enam fakultas agama. Kelima fakultas umum itu adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. []