UIN Jakarta Apresiasi Mahasiswa Pengukir Prestasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Acara Pemberian Penghargaan Promoting Moslem Student Achievements and Excellences, Rabu (7/12), bertempat di Auitorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Acara Pemberian Penghargaan Promoting Moslem Student Achievements and Excellences, Rabu (7/12), bertempat di Auitorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Auditorium, BERITA UIN Online— Seperti tahun sebelumnya, UIN Jakarta melalui Bagian Kemahasiswaan memberikan apresiasi dan uang pembinaan kepada para mahasiswa yang telah menorehkan prestasi tingkat nasional maupun internasional sepanjang tahun 2016. Penghargaan diberikan pada acara Promoting Moslem Student Achievements and Excellences yang digelar pada, Rabu (7/12), bertempat di Auitorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusran Razak MA, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Drs H Zaenal Arifin MPdI, dan segenap jajaran sivitas akademika UIN Jakarta.

Dalam sambutannya, Guru Besar Sosiologi Agama itu mengapresiasi terselenggaranya acara Student Achievement Award (SAA) 2016 tersebut, dan berharap dengan acara ini, mampu menstimulus mahasiswa UIN Jakarta secara umum untuk terus berprestasi baik secara akademik maupun non akademik.

“Alhamdulillah, pada acara SAA tahun ini, dibarengi dengan peluncuran buku yang memuat profil mahasiswa UIN Jakarta yang berprestasi dan menerima penghargaan. Saya berharap, buku tersebut menjadi lesson learned serta menginspirasi bagi mahasiswa UIN Jakarta secara keseluruhan untuk going extra miles dalam mengejar dan mewujudkan prestasi,” paparnya.

Masih menurut Yusran, ada sekitar 230 nama mahasiswa UIN Jakarta yang dinyatakan lolos seleksi oleh panitia, dan dinilai layak mendapatkan penghargaan. Kendati, saat pendaftaran SAA dibuka, sedikitnya 300 pendaftar yang diterima oleh panitia.

“Hal ini membuktikan, bahwa sebagian besar mahasiswa UIN Jakarta memiliki prestasi,” tandasnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pada SAA 2016 ini, terbagi menjadi lima kategori. Kelima kategori tersebut antara lain, pertama meliputi kejuaraan, perlombaan, pertandingan, kompetisi tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok. Selanjutnya, kategori kedua, karya kreatif, inovatif, dan distinktif dalam berbagai bidang (seni, teknologi, karya tulis fiksi atau non-fiksi) perorangan atau kelompok. Seperti pembuat aplikasi, penemuan, penulis buku (sudah diterbitkan dan ber-ISBN), pencetak rekor dan sebagainya.

Untuk kategori ketiga, yaitu partisipasi aktif (pembicara, pemakalah, presentator, mentor, komite, trainer, konsultan) pada forum nasional atau internasional, perorangan atau kelompok. Prestasi best speaker, penampilan terbaik, dan lainnya yang masuk kategori ini.

Berikutnya, kategori keempat meliputi, aksi sosial, kemanusiaan, lingkungan dan pendidikan tingkat nasional atau internasional, perorangan atau kelompok. Seperti: relawan bencana nasional. Sedang kategori terakhir ialah hafiz al-Quran 30 Juz.

Sekedar informasi, rangkaian SAA ini telah melalui beberapa tahapan. Diantaranya pendaftaran secara online melalui http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id 17 Oktober-06 Nopember, pemberkasan 07-14 November, seleksi 15-25 November, pengumuman 28 November, serta penyerahan penghargaan dilaksanakan hari ini 07 Desember dalam acara Student Achievement Award 2016. (lrf)