UIN Jakarta Akselerasi Profesor Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

159Ruang LP2M, Berita UIN Online— UIN Jakarta mendorong para dosen giat menulis artikel jurnal internasional terindeks Scopus. Ini diperlukan sebagai bagian akselerasi pengusulan guru besar dosen di lingkungan UIN Jakarta.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof. Dr. Arskal Salim GP MA kepada Berita UIN Online, Kamis (24/11/2016). Menurutnya, akselerasi diperlukan mengingat banyaknya guru besar yang memasuki usia pensiun dalam dua tahun ke depan.

“Dari 60-an guru besar yang kita miliki, sekitar 20-an diantaranya akan memasuki masa pensiun dalam dua tahun mendatang. Jadi ada kekosongan jika tak secepatnya diakselerasi,” paparnya.

LP2M sendiri, lanjut Arskal, telah menyiapkan program penulisan naskah siap terbit jurnal terakreditasi bagi para lektor kepala yang dianggap memenuhi syarat.  Program ini diluncurkan guna mengakselerasi perubahan status mereka menjadi guru besar.

Teknisnya, para lektor kepala yang lolos seleksi bakal dikarantina selama beberapa minggu untuk menyiapkan naskah tersebut.  “Rencananya, para lektor kepala yang jadi peserta wajib membawa dua naskah yang siap untuk bisa diajukan,” tuturnya.

Selain mendorong publikasi di jurnal internasional, papar Arskal, UIN Jakarta sendiri mendorong jurnal-jurnal di lingkungan fakultas dan lembaga untuk secepatnya dinaikan statusnya menjadi terakreditasi nasional-internasional. “Ini juga jadi sarana efektif bagi kepentingan publikasi,” paparnya.

Data Bagian Kepegawaian mencatat, hingga akhir 2015 UIN Jakarta memiliki 64 orang Guru Besar. Tahun 2016, UIN Jakarta kembali melantik beberapa guru besar seperti Prof. Dr. Asep Usman Ismail MA., Prof. Dr. H. M. Suparta, M.A., Prof. Dr. H. Arif Sumantri, S.K.M., M.Kes., dan Prof. Dr. Arskal Salim GP MA. (yuni nurkamilah-njs-zm)