UIN Jakarta akan Buka Gerai Donor Darah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Prof. Dr.  Harun Nasution, BERITA UIN Online–UIN Jakarta siap mendirikan gerai donor darah. Pendirian gerai tersebut untuk memenuhi kebutuhan darah di masyarakat Indonesia yang tiap tahun terus meningkat. Program kemanusian ini harus digalakkan kepada semua orang.

“Soal gerai donor darah, insya Allah kita siapkan di komplek perumahan dosen. Kawasan itu akan kita gunakan untuk pengembangan UIN Jakarta. Di situ akan kita dirikan teaching hospital dan di situ ada layanan donor darah,” ujar Rektor Prof. Dr. Komaruddin Hidayat pada acara   “Donor Darah Akbar” di Auditorium Prof. Dr.  Harun Nasution, Rabu (23/5).

Menurutnya, UIN Jakarta bertekad mendukung program donor darah karena program tersebut sejalan dengan ajaran Islam. “Spirit yang ditanamkan Palang Merah Indonesia (PMI) mengenai donor darah itu selaras dengan Islam,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengaku bangga karena program donor darah 1001 kantong yang dicanangkan memenuhi kuota. “Dari pendaftar sampai hari ini sudah ada 1123 orang yang siap ikut donor darah,”imbuhnya.

Sementara Ketua Umum PMI M. Jusuf Kalla menyatakan, setiap hari kebutuhan darah di Indoensia kian bertambah. “Setiap tahun kita butuh 4,8 juta kantong darah per tahun. Di Jakarta per hari butuh 1500 kantong,”papar mantan Wakil Presiden itu.

Ditambahkannya, gerakan donor darah mesti jadi bagian penting dari kehidupan seseorang. Alasannya, donor darah adalah bagian amal saleh yang tidak bisa digantikan atau diproduksi oleh industri. “Sehebat apun profesor atau industri, mereka tidak bisa membuat darah. Ini adalah anugerah yang sempurna dari Allah,”tandasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian Sosial (YKDK) Setiawa Ahamdi mengungkapkan, pihaknya telah menagjukan kerjasama pendirian dan pembukaan gerai donor darah ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Tetapi, baru 10 perguruan tinggi yang merespon,”katanya.

Ia pun berharap agar UIN Jakarta dapat merealisasikan rencana pendirian gerai donor darah. “Mudah-mudahan UIN Jakarta juga bisa membuka layanan gerai donor darah,”sambung Setiawan.

Acara Donor Darah Akbar ini diselenggarakan dalam rangka milad ke-55 UIN Jakarta. Untuk mensukseskan kegiatan tersebut Korps Sukarelawan (KSR) UIN Jakarta mengadakan donor darah bekerjasama dengan PMI, YKDK, dan berbagai pihak.

Acara donor darah tersebut digelar pada Rabu-Kamis, 23-24 Mei 2012, bertempat di Aula Student Center dan Aula Madya UIN Jakarta. Anda berminat, silahkan mendaftarkan diri ke panitia. (arif S/saifudin)