UIN Jakarta Akan Bangun Laboratorium Agribisnis di Depok

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Sidang Utama, BERITA UIN Online–UIN Jakarta berencana mendirikan laboratorium agribisnis pupuk organik di kawasan Bojongsari, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Lab tersebut selain untuk parktikum mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi (FST), juga untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

“Kita ini untuk dimanfaatkan parktikum bagai Prodi Agribisnis,”ujar Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof Dr Amsal Bakhtiar MA pada rapat audiensi dengan Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Kota Depok, dan LSM Nusantara Organic SRI Center(NOSC) di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lt 2, Senin (22/10).

Menurutnya,  UIN Jakarta berkepentingan mengembangkan laboratorium tersebut untuk memanfaatkan lahan seluas 3 hektar yang mengannggur. “Dengan  begitu, masyarakat sekitar juga mendapatkan manfaatnya,”imbuhnya.

Dikatakannya, beberapa kegiatan atau program yang dapat dikembangkan di laboratorium itu, antara lain budidaya tanaman hias, pupuk organik, padi organik, dan lain-lainnya.

Sementara Nendy dari Direktorat Pengolahan Lahan Kementerian Pertanian menjelaskan, pemanfaatan lahan kosong bisa dilakukan dengan melibatkan petani setempat. “Di kawasan itu bisa dikembangkan budidaya sayuran, buah-buahan, perikanan, atau lainnya,”katanya.

Pihaknya sangat mendukung rencana tersebut, karena usaha ini dapat memperbaiki ekologi lingkungan secara alamiah.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (AUK) Drs Abd Somad mengatakan, sebelum  nota kerjasama ini ditandatangai, maka perlu dipertimbangan kemaslahatannya bagi masyarakat sekitar. “Jangan sampai masyarakat sekita koplain ke kita,”sarannya.

Oleh karena itu pula, sambung dia, perlu pula dihitung hak dan kewajiban semua pihak yang terlibat dalam kegiatan laboratorium ini.

Menurut rencana, program dan kegiatan ini akan melibatkan kelompok tani sekitar Puspa Insani, UIN Jakarta, Dinas Pertanian Kota Depok, dan LSM NCOS. (da/Saifudin)