UIN Jakarta akan Bagikan Rp 30 juta Beasiswa Usaha

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online–UIN Jakarta akan memberikan beasiswa sebesar Rp 30 juta kepada 30 mahasiswa yang berprestasi dalam bidang usaha (enterpreneurship).  Beasiswa tersebut diberikan menindaklanjuti penyerahan beasiswa sebesar Rp 30 juta dari Bank BTN kepada UIN Jakarta pada Kamis (19/7) dalam acara penandatanganan nota kesepahaman kerjasama pengelolaan jasa dan layanan perbankan.

Bank BTN pada cara tersebut secara simbolis memberikan kepada Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat beasiswa Rp 30 juta untuk 30 mahasiswa yang punya prestasi dalam bidang usaha sebagaimana tertulis pada nota kesepahaman.

Kepada BERITA UIN Online, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Sudarnoto Abdul Hakim menjelaskan,  beasiswa itu akan diberika kepada mahasiswa yang punya prestasi akademik  atau prestasi yang lain, termasuk pretasi bidang kewirausahaan. “Kita pilih mereka  yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Dr Sudarnoto di Gedung Rektorat, Senin (23/7).

Menurutnya, karena beasiswa ini jumlah terbatas, maka akan diseleksi secara ketat. “Yang diutamakan tentunya dari keluarga miskin, Indeks Prestasinya bagus, belum dapat beasiswa, dan punya prestasi lain tingkat nasional. Syukur-syukur tingkat internasional,”sambungnya.

Dijelaskannya, tiap penerima akan menerima beasiswa sebasar Rp 1 juta.  Oleh karena itu, beasiswa ini tidak bolh didominasi fakultas terentu, meskipun punya banyak mahasiswa yang berprestasi. “Kalau bisa tiap fakultas ada yang mewakili,’harap  doktor bidang  Sejarah Politik Islam itu.

Bagi mahasiswa berprestasi yang telah mendapatkan beasiswa, katanya, tentunya tidak diperkenankan lagi untuk mendapatkan beasiswa tersebut.”Mereka yang tinggal di Ma’had Aly juga tidak mungkin, karena sudah mendapat beasiswa,”imbuhnya. (D antariksa/Sdn)