UIN Ingin Perbanyak Publikasi Artikel Terindeks Scopus

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Syahida Inn, BERITA UIN Online— Rektor Prof Dr Dede Rosyada MA berharap jumlah publikasi artikel ilmiah dosen UIN Jakarta pada jurnal terindeks Scopus di tahun depan bisa mencapai 300-an artikel. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) diharap memfasilitasi terpublikasikannya jurnal ilmiah para dosen pada jurnal-jurnal tersebut.

Demikian disampaikan rektor saat membuka Workshop Tata Kelolaan “Sosialisasi Remunerasi, Urgensi Kontrak Kinerja IKU dan SPI Charter” yang diselenggarakan Satuan Pengawas Internal (SPI) di Syahida Inn, Senin (26/10).  “Kita ingin meningkatkan publikasi, dan ini agak challenging, dimana saya minta LP2M bisa mempersiapkan 300 artikel ilmiah terbit dalam jurnal terindeks Scopus,” ujarnya.

Artikel demikian, harapnya, masing-masing disumbangkan oleh dosen di 11 fakultas, Sekolah Pascasarjana, dan lembaga yang ada di UIN Jakarta. Rinciannya, setiap fakultas bisa menyumbangkan 30-an artikel yang layak terbit di jurnal terindeks Scopus. Jika terpenuhi, maka sekurangnya terdapat 330-an artikel yang siap terbit publikasi terindeks Scopus.

Rektor optimistis, jumlah artikel terbit dalam jurnal demikian bisa terpenuhi. Acuannya, sepanjang Januari hingga pertengahan Oktober ini, jumlah artikel dosen terpublikasikan dalam jurnal terindeks Scopus sudah mencapai 65-an artikel, meningkat jauh dari delapan artikel sepanjang tahun 2014. Peningkatan bisa terus meningkat jadi 80-an artikel hingga akhir tahun.

“Jadi kalau 300 itu masih wajar. Sebab dari delapan menjadi 60 itu luar biasa. Dan, secara management kita belum melakukan treatment apa-apa, tapi murni mobilitas dan kreatifitas dosen saja,” paparnya. (HMN/LRF)