Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online– Mengakhiri tahun 2017, UIN Jakarta melalui Bagian Kemahasiswaan menggelar UIN Jakarta National Chess Competition 2017 pada Sabtu (30/12/2017) di Gedung Kemahasiswaan UIN Jakarta.

Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Raden Trisno Riyadi MM menjelaskan, UIN Jakarta National Chess adalah ajang pertandingan Catur Nasional tingkat mahasiswa yang diselenggarakan oleh Divisi catur FORSA UIN.

“Pertandingan ini merupakan pertandingan catur cepat (15 menit) individu, yang di ikuti 28 perguruan tinggi di Indonesia dengan jumlah peserta 92 mahasiswa,” ujar Trisno melalui surat elektroniknya, Ahad (31/12/2017).

Yang menarik, menurut Trisno, pertandingan UIN Jakarta National Chess Competition 2017 ini juga diikuti mahasiswa tunanetra (disabilitas) dari Universitas Pasundan Bandung.

“Namanya Miftahul Jannah bermain dengan catur khusus dan memperoleh nilai 3 (dari 7 Babak),” terangnya.

Berdasarkan laporan Trisno, pertandingan yang berlangsung satu hari itu memperebutkan hadiah piala dan uang pembinaan. Pertandingan dengan 7 babak, setiap babak membutuhkan waktu 30 menit.

Keluar sebagai juara pertama, Dani Kurnia Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Jawa Tengah, juara kedua Akbar Adi Putra Irawan Universitas Padjajaran Bandung dan juara ketiga Azmi Muhammad Politeknik Negeri Jakarta. Pemenang mendapatkan piala dengan total hadiah 10 juta rupiah.

Dalam kegiatan tersebut, berkesempatan membuka pertandingan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA. Dalam sambutannya, Yusron mengapresiasi kegiatan catur tingkat nasional yang baru kali pertama diadakan di UIN Jakarta ini.

“Semoga bisa menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi bagi mahasiswa secara umum,” ujarnya. (mf)

Share This