FSH UIN Jakarta Kembali Juara I Debat Konstitusi Regional Tengah, Juara ke 2 Unversitas Muhamadiyah Yogyakarta, dan Juara ke 3 Universitas Gadjah Mada, Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Regional Tengah diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Banjarmasin, 27-28 April 2016

Banjarmasin, Berita UIN Online – Tim Debat Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali torehkan prestasi dalam kompetisi debat mahasiswa tingkat nasional. Tim Debat FSH menjadi Juara IKompetisi Debat Mahasiswa Tingkat Regional yang diselenggerakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, (27-28/4).

Tim debat FSH menjadi juara setelah mengalahkan lawannya dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta dengan skor telak 9-0. Diposisi ketiga diraih oleh Universitas Gajah Mada setelah mengalahkan Universitas Diponegoro.

Sebagaimana tradisi, pada kompetisi ini Tim Debat FSH mengirimkan delagasi dengan Formasi yang berbeda, mereka adalah Teguh Tresna Dewa mahasiwa semester 8 Prodi Perbandingan Mazhab, Hamalatul Qur’ani mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Hukum, dan Abdul Lathief Zaenal mahasiswa semester 6 Prodi Ilmu Hukum serta didampingi oleh Hidayatulloh, MH sebagai dosen pembimbing delegasi.

Beberapa hari sebelumnya, (17/4) Tim debat FSH juga mengantongi kemenangan dengan mendapat peringkat ke 2 pada kompetisi debat Hukum Tata Negara yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, (15-17/4).

Tradisi juara seolah-olah sudah mengakar dalam jiwa mahasiswa TIM debat UIN Jakarta, Tahun lalu Tim Debat FSH meraih Juara I Debat Konstitusi Mahasiswa untuk Regional Barat dan sekaligus Juara 1 Tingkat Nasional Kompetisi Debat Konstitusi. Namun, pada tahun 2016 UIN Jakarta masuk ke Regional Tengah dan berhasil meningkatkan kejayaannya menjadi juara 1 regional tengah. Ditahun ini juga tim debat FSH UIN Jakarta telah memboyong 3 piala kompetisi debat yaitu Juara 2 Airlangga Law Competition diselenggarakan oleh Universitas Airlangga, Juara 2 Padjajaran Law Fair diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia, dan Juara 1 Kompetisi debat Konstitusi mahasiswa regional tengah yang diadakan oleh mahkamah konstitusi di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pimpinan UIN Jakart maupun FSH mengapresiasi keberhasilan tim debat meraih posisi tersebut. Dekan FSH Dr. Asep Saepudin Jahar MA, misalnya, menyambut gembira keberhasilan tim dan mengapresiasi prestasi mereka. “Selamat atas perolehan prestasi yang membanggakan, teruskan tradisi kemenangan ini jadilah yang terbaik,” harapnya.

Dr. Yayan Sopyan, SH, MA Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama , “Alhamdulillah, sangat membanggakan, ini berkat kerja keras kalian, dan juga dosen pembimbing yang tekun dan doa dari para dosen FSH, persiapkan bulan depan akan menghadapi kompetisi yang lebih besar yaitu Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Tingkat Nasional”.

Setelah ini, Tim debat FSH UIN Jakarta melangkahkan kakinya ke Kompetisi Debat Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Pusdiklat Pancasila Cisarua Bogor. (IH)

Share This