Malaysia, BERITA UIN Online— Tim debat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta kembali raih juara I pada ajang IPT ASEAN, yang diselenggarakan pada Jumat-Senin (30 Maret-2 April/04/2018), di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Kegiatan yang mengusung tema Wasatiyyah Asas Transformasi Belia tersebut, diikuti beberapa perwakilan universitas yang berasal dari negara-negara ASEAN.

Dari UIN Jakarta, dalam hal ini FDI, mengutus tiga orang mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kejuaraan bergensi tersebut. Ketiga mahasiswa tersebut adalah, Khairul Mufid Zubairi (semester 6), Muhammad Difa El Haq (semester 4), dan Qolbun Salim Alfaruqi (semester 4).

Diketahui, bahwa Khairul Mufid Zubairi merupakan juara bertahan yang pada 2017 lalu, keluar sebagai peraih penghargaan pendebat terbaik dalam ajang yang sama.

Sebagai informasi, sejak 2013, FDI telah empat kali menjadi delegasi UIN Jakarta untuk Lomba Debat Bahasa Arab pada IHTIFAL Institusi Pengajian Tinggi (IPT) ASEAN se-Asia Tenggara, yang dilaksanakan di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Negeri Sembilan, Malaysia.

Selanjutnya, pada 2013 atau pertama kalinya perlombaan ini selenggarakan tim debat FDI meraih Juara I, 2016 hanya sebagai peserta, tahun 2017 mendapatkan Juara ke 2 dan pendebat terbaik, dan 2018 ini mendapat Juara 1 dan pendebat terbaik. (lrf/as).

Share This