Tiga Rumah Sakit Siap Fasilitisai Program Profesi FKIK

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. FKIK, BERITA UIN OnlineTiga Rumah Sakit (RS) besar siap mendukung dan menfasilitasi pelaksanaan program pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian masyarakat bagi sivitas akademik Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Dukungan tersebut disampaikan langsung Kepala Diklat RS Mintohardjo Kolonel Bambang Singgih,  Shakty Kumara dari RSUD Pasar Minggu, dan dr. Neni Sawitri, SpP dalam rapat koordinasi penyusuanan kerjasama di ruang Dekan FKIK, Senin, (29/8).

KetigaRumah Sakit tersebut diantaranya,  RS Mintohardjo Angkatan Laut, RS Paru Dr. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor, dan RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dukungan tiga rumah sakit itu tidak hanya bagi mahasiswa yang melakukan parktik lapangan, tapi juga bagi dosen yang ingin melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. “Jadi tidak hanya mahasiswa Pendidikan Dokter saja yang harus praktik langan di RS, tapi juga untuk mereka yang mengambil program profesi ners dan apoteker,” ujar Dekan FKIK Prof Dr Arif Sumatri, Mkes, saat ditemui tim BERITA UIN Online.

Menurutnya, keterlibtan tiga rumah sakit ini sangat dibutuhkan. Alasannya, FKIK UIN Jakarta telah membuka program profesi keperawatan dan apoteker.“Peminat cukup banyak. Mereka perlu lab untuk praktik. Kalau program studi pendidikan dokter itu otomatis ada pendidikan profesinya,” tambahnya.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan kualitas dokter UIN Jakarta akan semakin baik, karena standar-standar pendidikan kedoketran dan ilmu kesehatan dapat terpenuhi. Sementara, bagi rumah sakit yang dijadikan tempat praktik pendidikan dan penelitian akan menaikkan peringkatnya.

Di tempat yang sama, Bambang menambahkan, pihaknya mengaku bangga dengan kerjasama tersebut. Alasannya, keterlibatan FKIK UIN Jakarta dapat menambah ilmu pengetahuan dan keahlian yang selama ini diperlukan rumah sakit. “Ini merupakan langkah yang baik dan kami mendukung kegiatan yang sangat kami butuhkan ini,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Shakty Kumara. Sebagai rumah sakit plat merah, pihaknya siap menjadi mitra kerjasama FKIK UIN Jakarta.  Apalagi, lanjut dia, RSUD Pasar Minggu  harus melayani seluruh masyarakat. “Kami setuju dengan gagasan kerjasama ini,” terangnya. (lrf/dina)