Tiga Jurnal Ilmiah di UIN Jakarta Terakreditasi Dikti Tahun 2016

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ciputat, BERITA UIN Online - Tiga Jurnal Ilmiah di Lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapatkan akreditasi Dikti berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 36a/E/KPT/2017 tanggal 23 Mei 2016.Jurnal yang terakreditasi tersebut ialah Jurnal Cita Hukum dengan No. ISSN 2356-1440 Penerbit Fakultas Syariah dan Hukum, Jurnal Signifikan dengan No. ISSN: 2087-2046 Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan terakhir Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah No. ISSN: 1412-4734 Penerbit Fakultas Syariah dan Hukum merupakan salah satu satu jurnal melakukan re-akreditasi yang juga kembali diraihnya (20/7).

Usulan akreditasi jurnal-jurnal di lingkungan UIN Jakarta tersebut dilakukan pada akhir Bulan Maret 2016. Ini merupakan usulan akreditasi terakhir dengan versi cetak (31/3). Karena, tahap selanjutnya menggunakan akreditasi dengan versi online sebagaimana edaran Surat edaran 193/E/SE/XII/2015 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah Secara Elektronik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Per Tanggal 1 April 2016, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual hanya menerima dan memproses usulan akreditasi jurnal (terbitan berkala) ilmiah nasional yang telah dikelola secara elektronik, sehingga proses penilaian akan lebih mudah, cepat, akurat dan transparan.

Rektor UIN Jakarta menyambut baik atas capaian yang diraih. Kini UIN Jakarta bertambah dua jurnal terakreditasi nasional. Dengan bertambahnya Jurnal Terakreditasi bertambah pula publikasi-publikasi ilmiah yang berkualitas sebagaimana yang dicita-citakan oleh UIN Jakarta sebagai Universitas Riset. (IH)