Tiga bidang dari Kabupaten Bogor, Nurmawati, Srihayuningsih dan Jubaedah, berhasil meraih gelar doktor bidang Kesehatan Islam dari SPs UIN Jakarta. Tampak ketiganya berfoto dengan dua pengajar SPs UIN Jakarta, Dr Yusuf Rahman dan Dr Fuad Jabali. (Foto: Wildan)

Tiga bidang dari Kabupaten Bogor, Nurmawati, Srihayuningsih dan Jubaedah, berhasil meraih gelar doktor bidang Kesehatan Islam dari SPs UIN Jakarta. Tampak ketiganya berfoto dengan dua pengajar SPs UIN Jakarta, Dr Yusuf Rahman dan Dr Fuad Jabali. (Foto: Wildan)

Gedung SPs, Berita UIN Online— Suasana Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta tidak seperti biasanya. Sejumlah karangan bunga warna-warni tampak berjejeran di lobi SPs. Salah satu karangan bunga dari karangan bunga Ikatan Bidan Indonesia, Kabupaten Bogor, bertuliskan: Selamat Atas Promosi Doktor: Nurmawati, Srihayuningsih dan Jubaedah.

Ya, Senin ini (15/04/2017), tiga orang mahasiswi Program Doktor Kesehatan Islam SPs UIN Jakarta, Nurmawati, Srihayuningsih dan Jubaedah berhasil sidang promosi terbuka atas raihan doktoral mereka. Terasa berkesan dibanding promosi seperti biasanya. Sebab selain perempuan dan bersahabat, para perempuan ini sama-sama berprofesi sebagai bidan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Karangan bunga dari Ikatan Bidan Indonesia Kab. Bogor tampak terlihat bersamaan dengan karangan bunga yang lain.

Meskipun bersahabat dan hari sidangnya bersamaan, tetapi masing-masing mereka meneliti objek yang berbeda. Srihayuningsih mempertahankan disertasi dengan judul “Profil Reproduksi, Sosiodemografi dan Pemahaman Agama pada Perempuan Muslimah Menikah (Studi Kasus Abortus di Klinik Raden Saleh RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta Tahun 2013)”. Adapun Nurmawati menulis disertasi berjudul “Pengaruh Buah Kurma terhadap Kehamilan dan Persalinan (Studi Kasus di Puskesmas Kecamatan Cengkareng dan Puskesmas Kecamatan Palmerah Jakarta)”. Sedang Nurmawati menyajikan disertasi “Khitan Anak Perempuan dalam Perspektif Islam dan Kesehatan (Studi Pelaksanaan Khitan di Bogor Jawa Barat)”.

Ditemui Berita UIN online, ketiga sahabat ini terlihat kompak berpakaian seragam dengan kerudung hijau dan baju batik warna senada. Ketiganya tampak sumringah sekaligus merasa grogi karena melalui hari bersejarah dalam hidup mereka. “tambah berkesan karena kami sudah lama bersahabat dan kami melaluinya juga bersama-sama,” jawab Srirahayuningsih mewakili kedua sahabatnya.

Dalam promosi tersebut, Srihayuningsih mendapat giliran promosi pertama, mulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Srihayuningsih sendiri berhasil mendapatkan nilai rata-rata 86,77 dengan IPK 3,56 dan menjadi doktor yang ke-1045 di SPs UIN Jakarta. “Alhamdulillah, rasanya plong. Senang dan bahagia promosi ini dapat dihadiri banyak orang, terutama Dr Yusuf Rahman dan Dr Fuad Jabali,” papar Sri sambil berbincang dengan kedua dosen yang disebutnya.

Mafhum ibu-ibu, meski harus tegang menghadapi sidang promosi, ketiganya tetap sempat ber-wefie ria dengan dua dosen panutannya, Yusuf Rahman dan Fuad Jabali. Selamat ya, Bu Nurmawati, Bu Srihayuningsih, dan Jubaedah. Semoga ilmunya makin bermanfaat! (Farah/Wildan/ZM)

Share This