Gd. Kemahasiswaan, BERITA UIN Online— Setelah melalu serangkaian proses seleksi ketat, akhirnya Putra Dian Kharisma Ivadadan Denayu Swamiterpilih sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mahasiswa UIN Jakarta 2015.Penunjukan keduanya diharap mampu mendorong pelaksanaan kegiatan pemilu senat mahasiswa UIN Jakarta 2015 secara demokratis.

Kedua ketua baru KPU dan Bawaslu dilantik Ketua Senat Mahasiswa UIN Jakarta, Eko Siswandanu, Senin (16/11). Turut menghadiri pelantikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Dr Yusron Razak M.Si, dan Kasubag Bina dan Bakat Mahasiswa, Masruri S.Ag.

Dalam sambutannya, Eko mengharapkan kedua ketua lembaga pemilu tingkat mahasiswa mampu menghadirkan proses pemilu mahasiswa 2015 secara demokratis. Menurutnya, proses pemilu rentan terhadap penyimpangan, godaan, dan memiliki potensi di bajak oleh individu-individu yang tidak bertanggung jawab.

“Saya memiliki harapan besar untuk KPU dan Bawaslu yang telah dilantik bisa mendorong terselenggaranya Pemilu Mahasiswa yang berintegritas, yang berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil secara profesional, efektif dan efisien,” harapnya.

Baik Putra maupun Denayu berhasil lolos seleksi dan terpilih setelah melalui proses seleksi yang cukup ketat. Proses seleksi dimulai dengan penjaringan terbuka dari setiapDema Fakultas. Peserta yang memenuhi syarat selanjutnya diuji wawancara di tingkat Fakultas. Setelah itu, calon terpilih menjalani fit and proper test ditingkat universitas.

Pada kesempatan yang sama, Yusron mengingatkan agar KPU dan Bawaslu dapat mengemban amanah dengan baik. Menurutnya, pelaksanaan pemilu di tingkat mahasiswa merupakan sarana pembelajaran berdemokrasi yang baik sekaligus menumbuhkan karakter pemimpin yang adil dan objektif. “Saya berharap KPU dan Bawaslu dapat bekerjasama dan menunjukan identitas yang baik, mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan kelompoknya,” tambahnya.

Laporan Syarifaeni Fahdiah

Share This