Tarik Minat Mahasiswa dengan Silabus yang Dinamis

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter: Hilda Savitri

Gedung FSH, BERITA UIN Online – Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menarik minat mahasiswa memilih jurusan ilmu hukum.  Salah satunya dengan memberikan silabus yang dinamis serta dengan menggunakan strategi pengajaran yang tepat.

Hal itu dikatakan dosen Melbourne University, Australia, Prof Tim Lindsey dalam workhop bertema “Penguatan Kurikulum Fakultas Syariah dan Hukum Menuju World Class University” yang digelar di Ruang Sidang Utama Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Selasa (27/9).

“ Mahasiswa akan tertarik bila silabus yang ditawarkan dalam setiap mata kuliah juga menarik dan dinamis,” ujarnya dengan dialek bahasa Indonesia yang cukup lancar.

Dalam workshop tersebut, tim menjelaskan tentang kurikulum yang diterapkan di Melbourne University yang telah menjadi universitas kelas dunia dan juga memiliki The Asian Law Centre sebagai pusat penelitian hukum tertua dan terbesar di dunia agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi UIN Jakarta, khususnya FSH dalam program penguatan kurikulum.

Tim menambahkan, revisi mata kuliah pilihan juga dapat dilakukan untuk menarik minat mahasiswa.

“ Revisi mata kuliah kami lakukan setiap tahunnya agar mahasiswa tertarik untuk mengikuti berbagai mata kuliah yang sesuai dengan minat mereka,” katanya.

Selain itu tim juga mengatakan kurikulum yang disajikan harus mempunyai landasan dasar, yaitu berdasarkan penelitian yang dinamis, responsif dan berkelanjutan.

“ Penelitian yang mempunyai landasan dasar juga dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi mahasiswa,” tambah tim tersebut.

Turut hadir dalam workshop tersebut Dekan FSH Prof Dr Muhammad Amin Suma, dan sejumlah dosen Melbourne University.