Tahun Ini, Pascasarjana Terima 200 Mahasiswa Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Gedung SPs, BERITA UIN Online – Tahun akademik 2011/2012 ini Sekolah Pascasarjana (SPs) menerima sedikitnya 207 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri atas 106 orang program S-2 dan 101 orang program S-3.

Demikian disampaikan Deputi Direktur Bidang Akademik SPs Prof Dr Suwito kepada BERITA UIN Online di Gedung SPs, Rabu (24/8). “Penerimaan mahasiswa baru SPs tahun ini dilakukan melalui program beasiswa Kementerian Agama RI dan jalur mandiri atau reguler,” jelasnya.

Menurut Suwito, mahasiswa baru yang diterima melalui program beasiswa berjumlah 19 orang untuk program S-2 dan 27 orang program S-2. Sedangkan jalur reguler, jumlah yang diterima sebanyak 87 orang (program S-2) dan 74 orang (program S-3). “Ada juga mahasiswa baru yang diterima tanpa seleksi, tapi jumlahnya tak banyak dan masih proses,” ujarnya. Mahasiswa dimaksud adalah lulusan S-2 SPs UIN Jakarta yang akan melanjutkan ke program S-3 dengan tahun lulus mulai 2008.

SPs menerima pendaftaran mahasiwa baru melalui jalur reguler setiap hari kerja. Sementara seleksi dilakukan setiap awal Februari dan awal Agustus dengan sejumlah persyaratan tertentu.

Suwito menyatakan, proses penerimaan mahasiswa baru setiap hari dimaksudkan untuk memudahkan para calon mahasiswa mendaftar. Pasalnya, berbeda dengan program S-1, calon mahasiswa SPs lebih longgar sehingga kapan pun dapat mendaftar. “Tapi mungkin model (penerimaan setiap hari) ini hanya berlaku di SPs UIN Jakarta,” katanya. (ns)