Student Life

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Mahasiswa mengambil peran sentral dalam kehidupan universitas. Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi UIN JAKARTA sebagai universitas tertua di Indonesia untuk dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan dapat berkiprah baik di tingkat nasional maupun internasional. Bagaimana proses untuk membentuk mahasiswa berkualitas merupakan salah satu ukuran keberhasilan suatu universitas.

UIN JAKARTA memiliki komitmen tinggi untuk memfasilitasi tumbuh berkembangnya berbagai aktivitas kemahasiswaaan yang mampu menunjang prestasi akademis. Aktivitas kemahasiswaan dapat di bidang seni, olahraga, dan kelompok-kelompok studi lainnya. Kegiatan diluar ruang kelas telah menjadi bagian integral UIN JAKARTA untuk menghasilkan manusia yang siap berkompetisi di era globalisasi.

UIN JAKARTA memiliki kebijakan (policy) untuk menumbuhkembangkan kemandirian pengelolaan organisasi mahasiswa. Organisasi kemahasiswaan merupakan laboratorium dunia nyata dimana mahasiswa nantinya akan masuk setelah mereka menyelesaikan masa studinya di UIN JAKARTA. Oleh karena itu, otonomi dan kemandirian pengelolaan organisasi dilihat sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) yang sangat berguna bagi para mahasiswa.

ASRAMA PUTRA DAN PUTRI

Bagi mahasiswa baru semua Fakultas diberikan kesempatan untuk tinggal di Asrama Mahasiswa mendapatkan pembinaan keagamaan, pelatihan kepemimpinan dan pelatihan bahasa.

Di dalam asrama terdapat berbagai fasilitas; gedung berlantai tiga yang memiliki ruang loby, ruang tamu, kamar mandi, ruang belajar dan kamar tidur,musholla, dan sarana olah raga.

Kegiatan dalam asrama diisi dengan bimbingan keagamaan, pelatihan bahasa, pelatihan keterampilan berorganisasi dan olah raga bersama.

Asrama ini dipimpin oleh pengasuh Asrama yang merupakan dosen-dosen muda, dosen pelatih dan dikelola oleh Dewan Pembina Asrama.

Persyaratan

1.Mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Prioritas dari luar Jabotabek)

2.Mengisi formulir pendaftaran

3.Mengisi pernyataan belum berkeluarga

4.Menyerahkan pas foto ukuran 3×4 2 lembar

5.Mengisi pernyataan siap mentaati peraturan asrama

6.Membayar uang asrama RP.2.000.000,-pertahun

Tempat pendaftaran di Gedung Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jam 09.00-16.00 WIB telp 021-7401925 ext. 1840.

MA’HAD UIN SYARIF HIDAYATULLAH

Di dalam ma’had terdapat berbagai fasilitas; gedung berlantai tiga yang memiliki ruang loby, ruang meeting,ruang perpustakaa,nruang tamu, kamar mandi, ruang belajar dan kamar tidur,musholla, dan sarana olah raga.

Kegiatan ma’had disi dengan pembinaan kepribadian,pengembangan skill bahasa Arab dan Inggris, wawasan keislaman, pengembangan skill kepemimpinan.

Ma’had dipimpin oleh seorang kyai sebagai Kepala Pusat Ma’had Aljamiah dan didukung oleh para Musrif/Musyrifah sebagai tenaga pengajar yang diawasi oleh Dewan Pembina Asrama (DPA).

Persyaratan

1.Tes Bahasa Arab dan Inggris

2.Menyerahkan pas foto ukuran 3×4= 2 lembar

3.Mengisi pernyataan belum berkeluarga

4.Mahasiwa Bidik Misi

5.Bersedia tinggal selama 2 (dua) tahun

6.Membayar biaya asrama RP.2.000.000,- dan pembinaan 1.300.000,-pertahun

Tempat pendaftaran di Gedung Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jam 09.00-16.00 WIB telp 021-7401925 ext. 1840.

ASRAMA KEDOKTERAN

Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan wajib mengikuti pembinaan selama 1 (satu) tahun di asrama Kedokteran.

Asrama ini memiliki fasilitas gedung berlantai 5 terdiri dari ruang loby ,ruang meeting, ruang tamu,Musholla,kamar mandi, ruang belajar ber AC,kamar tidur (tempat tidur,lemari dan meja belajar) kantin,fasilitas olah raga, dan pengamanan satpam.

Kegiatan dalam asrama berupa pembinaan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris, keterampilan kepemimpinan dan kewirausahaan.

Warga asrama akan mendapatkan pembinaan dari dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang didampingi oleh pengasuh asrama.

Persyaratan

1.Mahasiswa baru Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan

2.Menyerahkan pas foto ukuran 3×4 2=lembar

3.Melampirkan pernyataan belum berkeluarga

4.Menandatangani perjanjian mentaati peraturan asrama

6.Membayar uang asrama RP.2.000.000,- dan pembinaan 1.300.000,- pertahun

Tempat pendaftaran di Gedung Pelayanan Administrasi Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta jam 09.00-16.00 WIB telp 021-7401925 ext. 1840.

KOSAN/ KONTRAKAN

Bagi mahasiswa yang ingin lebih mandiri, sekitaran kampus UIN Jakarta banyak terdapat tempat kos maupun kontrakan dengan harga yang terjangkau terjangkau hingga yang berkelas dengan fasilitas lengkap, dari harga yang terendah kisaran 500.000 hingga jutaan rupiah perbulan, tergantung pilihan selera dan kemampuan finansial.

KULINER

Mahasiswa dapat menikmati makanan di kantin maupun cafe dalam kampus hingga makanan disekitaran kampus dari penjaja hingga kelas restoran tersedia, tergantung selera dan kemampuan finansial. Harga sekali makan minimal 10.000 hingga puluhan ribu tergantung pilihan tempat maupun menu makanan.

AKSES KAMPUS

Menuju ke kampus dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena letaknya yang strategis di tepi jalan sehingga mudah untuk ditemukan. Untuk kendaraan umum yang melintasi kampus Kopaja 510 dari kampung rambutan- Ciputat, Kopaja 512 dari Senen-Ciputat. Dari arah Bogor bisa melaui Parung maupun lebak bulus akses tol.

info map dapat dilihat

https://www.google.co.id/maps/search/uin+syarif+jakarta/@-6.3074121,106.7562508,17z?hl=id

Informasi lebih lanjut bisa ke
http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id/