Ciputat, BERITA UIN Online— Lembaga filantropi, Social Trust Fund (STF), UIN Jakarta menggelar mudik gratis jelang lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1439 H bagi mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di kawasan Jabodetabek. Kegiatan ini hasil kerjasama STF UIN Jakarta dengan PTRajawali Nusantara Indonesia, PT. Reasuransi Indonesia Utama (IndonesiaRe), PT Asuransi Jasa Indonesia, dan Perum DAMRI.

Fundraising Officer STF UIN Jakarta, Dewi Maryam, mengungkapkan kegiatan mudik gratis kali ini dilakukan untuk tiga tujuan mudik, yakni Jakarta-Tasik, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Lampung. Tujuan Tasikmalaya sudah diberangkatkan Kamis (07/06) kemarin dan Jakarta-Surabaya diberangkatkan pagi hari ini, Jumat (08/06). “Tujuan Jakarta-Lampung, insya allah hari Selasa (12/06) besok,” katanya.

Dalam dua hari terakhir, total peserta mudik gratis yang diberangkatkan STF UIN Jakarta mencapai 68 orang peserta. Masing-masing tujuan Surabaya 60 orang dan tujuan Tasikmalaya 8 orang. Seluruh peserta diberangkatkan menggunakan bis hasil kerjasama STF UIN Jakarta dan mitra. Masing-masing rombongan dilepas Wakil Direktur STF UIN Jakarta, Dr. Muhammad Zuhdi, dan Manager Fundraising STF UIN Jakarta Febria Afia.

Adapun tujuan Lampung, keberangkatan mudik gratis dijadwalkan pada Selasa (12/06) mendatang. Untuk tujuan ini STF UIN Jakarta dan mitra menyediakan kuota mudik gratis bagi 118 orang peserta. Khusus tujuan ini akan dilepas langsung Dewan Pengawas STF Sekaligus Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Jakarta Prof. Dr. Murodi MA.

Terpisah, Direktur STF UIN Jakarta Dr. Amelia Fauzia menjelaskan, program mudik gratis merupakan program tahunan yang ditujukan bagi mahasiswa yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman. Program ini dinilai layak dilakukan karena banyak mahasiswa memiliki keterbatasan biaya saat ingin berlebaran di kampung.

“Mewakili STF UIN Jakarta, kami mengucapkan terima kasih kepada para mitra yang mendukung, memfasilitasi program ini. Mudah-mudahan jadi amal baik yang berkelanjutan di masa-masa mendatang,” paparnya.

Wujudkan Mimpi Lebaran di Kampung

Sementara itu, para peserta mudik gratis mengaku senang bisa mudik dengan program mudik gratis yang ditawarkan STF UIN Jakarta. Dengan begitu mereka bisa pulang dan merayakan lebaran di kampung tanpa terkendala harga tiket dan biaya perjalanan yang mahal dibanding hari biasanya.

Abdul Karim, misalnya. Mahasiswa semester X Jurusan Pendidikan Kimi, FITK UIN Jakarta ini mengaku sebelumnya tidak membayangkan bisa pulang dan berlebaran di kampungnya di Jawa Timur. Namun dengan program ini, ia bisa pulang dan merayakan lebaran bersama keluarga.

“Kadang harus berhitungulang jika mau pulang saat lebaran. Sebab kalau mau beli tiket kereta misalnya harus 3 bulan sebelumnya, sedangkan kalau beli tiket bis menjelang idul Fitri harganya mahal banget,” tuturnya.

Begitu juga Hasin Abdullah. Mahasiswa semester VI Jurusan Hukum Pidana Islam, FSH UIN Jakarta ini bergembira karena bisa merayakan lebaran di kampungnya, Madura. “Alhamdulillah dengan program ini, saya bisa mudik gratis. Semoga ke depan STF UIN Jakarta dan mitra bisa terus memberikan mudik gratis bagi mahasiswa-mahasiswi seperti kami,” harapnya. (Farah NH/Dewi M/ZM)