Ciputat, BERITA UIN Online— Lembaga Sosial Kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta mengajak sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat untuk berbagi kepedulian membantu korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepedulian diharap bisa membantu warga dalam meminimalkan dampak bencana gempa yang terjadi berulangkali sejak Minggu petang, 5 Agustus lalu.

Ketua Tim Relawan Tanggap Bencana Lombok STF UIN Jakarta, Febria Afia Rahmah, menuturkan reportase tim yang sudah diterjunkan ke lokasi bencana maupun laporan media massa nasional mencatat parahnya dampak bencana gempa. Selain luka-luka, ratusan warga juga meninggal dunia atau belum diketahui nasibnya karena masih tertimpa reruntuhan material bangunan yang rusak.

Di luar itu, gempa bermagnitudo 7 tersebut secara massif menghancurkan fasilitas perumahan warga, infrastruktur publik seperti rumah sakit dan sekolah-sekolah. Akibatnya, warga harus mengungsi ke lokasi lebih aman dan kehilangan fasilitas penting yang mereka butuhkan.

“Dalam jangka pendek, gempa mengakibatkan ribuan warga mengungsi, ratusan warga terluka, meninggal dan hilang. Fasilitas infrastruktur juga hancur,” sebutnya.

Jangka panjangnya, lanjut Febria, warga terdampak bencana juga harus menanggung beban traumatis dan keharusan memulai kembali kehidupan normal mereka dari nol. Berkaca pada kondisi tersebut, warga Lombok terdampak bencana gempa membutuhkan bantuan yang kompleks dan tidak sedikit, baik jangka pendek maupun panjang.

“Karena itulah, kami mengajak sivitas akademika UIN Jakarta khususnya, maupun masyarakat pada umumnya untuk berbagi kepedulian membantu saudara-saudara kita warga Lombok yang terkena bencana gempa,” ajaknya.

STF UIN Jakarta sendiri, lanjutnya, telah membentuk tim relawan yang siap menghimpun kepedulian publik terhadap warga terdampak gempa. Bahkan STF UIN Jakarta juga bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti KMPLHK RANITA UIN Jakarta dan beberapa lembaga sosial kemanusiaan lainnya dalam menyalurkan bantuan publik kepada warga terdampak.

Bagi sivitas UIN Jakarta dan publik yang tertarik menyalurkan bantuan, lanjutnya, STF UIN Jakarta membuka rekening donasi kemanusiaan masyarakat di nomor rekening BNI 026.5536.255 a.n. Social Trust Fund UIN Jakarta. Donasi juga bisa disampaikan langsung dengan menghubungi 0813.8055.9914 (Puji) dan 0821.1210.7140 (Tika) atau datang ke Posko Bencana di masing-masing Charity Shop UIN Jakarta.

“Untuk saat ini, kita masih fokus penyaluran kebutuhan bahan pokok dan bantuan tenaga dari relawan KMPLHK RANITA UIN Jakarta. Kita juga akan bersinergi dengan berbagai pihak di lokasi bencana,” terang Febria lagi.

Selain itu, Febria menambahkan, donasi publik yang disampaikan ke STF UIN Jakarta juga bakal digunakan sebagai pembiayaan pemulihan dan rekonstruksi sosial ekonomi pasca bencana. “Kami berharap bisa membantu di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah dan perpustakaan. Itu jangka panjangnya,” tambahnya. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This