SPs UIN Jakarta Terima 104 Mahasiswa Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

SPs, BERITA UIN Online–Sebanyak 102 orang dinyatakan lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta Semester Gazal Tahun Akademik 2013/2014.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 65 orang diterima pada jenjang Magister (S2) dan 37 orang diterima pada jenjang Doktor (S3).

Kelulusan 102 peserta SPMB SPs itu didasarkan pada Keputusan Rektor Nomor Un.01/ R1/HK.00.5/66/2013 tentang Hasil Hasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Semester Gazal Tahun Akademik 2013 / 2014 Jenjang Magister Dan Doktor Status Mandiri tertanggal 15 Agustus 2013.

Lantaran begitu ketat syarat dan skor dalam penguasaan bahasa asing, maka sebagian besar mereka wajib mengikuti remidial bahasa Arab dan Inggris. “Hanya beberapa orang yang lulus dua bahasa asing,” ujar Kepala Subbag Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Hendra Syukri, MSi di Kantor SPs, Kamis (22/8/2013).

Sementara bagi mahasiswa internasional (asing), selain wajib lulus bahasa  Arab dan Inggris, ia juga wajib lulus bahasa Indonesia.

Bagi mereka yang lulus bahasa asing, maka berhak mengambil satu mata kuliah wajib selain Mata Kuliah Pendekatan dan Metodologi Studi Islam (PMSI) dan Seminar Proposal. “Bagi yang belum lulus bahasa asing, mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah apapun, selain Seminar Proposal,” papar dia.

Untuk memberikan pengenalan studi dan almamater, SPs menggelar orientasi akademik selama 5 hari, dari 26-30 Agustus 2013. “Sebelum itu, mahasiswa wajib  mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Batas  terakhir pengisiannya pada tanggal 23 Agustus 2013,” imbuh….

Pada semester ini, Program Doktor SPs juga menerima dua mahasiswa lulus tanpa tes. “Mereka dinilai lulus berdasarkan skor TOAFL dan TOEFL-nya yang terbaru. Jadi mereka tidak ikut ujian reguler,” tandasnya. ( D Antariksa/Saifudin)