SPs UIN Jakarta Seleksi 88 Calon Mahasiswa Baru

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

SPs UIN Jakarta, BERITA UIN Online  – Sebanyak 88 calon mahasiswa baru mengikuti ujian seleksi masuk Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta semester genap tahun akademik 2015/2016. Ujian digelar di kampus SPs UIN Jakarta selama dua hari pada 3-4 Februari 2015.

Peserta seleksi terdiri atas 52 orang program magister dan 36 orang program doktor untuk Program Studi Pengkajian Islam. Pada hari pertama, Rabu (3/2), materi seleksi meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris (TOEFL), Bahasa Arab (TOAFL), dan Bahasa Indonesia (TOIFL) khusus untuk calon mahasiswa asing. Sedangkan hari kedua, Kamis (4/2) materi seleksi berupa wawancara lisan yang meliputi bahasa, wawasan keislaman, wawasan akademik, dan proposal.

Ketua Panitia Seleksi Calon Mahasiwa Baru Retno Wulansari, MSi, mengatakan, SPs UIN Jakarta menerima calon mahasiswa baru selama dua kali dalam setahun, yakni pada setiap semester ganjil dan semester genap. Kebijakan ini ditempuh agar lebih banyak calon mahasiswa yang memperoleh kesempatan kuliah di SPs UIN Jakarta.

“Jadi, para calon mahasiswa baru tidak harus menunggu satu tahun mendaftar kuliah. Kami buka pada setiap awal semester, yakni di semester genap dan ganjil,” katanya.

Retno lebih lanjut menjelaskan, selain melalui program seleksi reguler, SPs UIN Jakarta mulai semester ini juga menerima calon mahasiswa baru jalur kerja sama khusus untuk program doktor. Dalam hal ini, kerja sama antara SPs UIN Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jayapura, Papua.

“Semester ini kita menerima sedikitnya 16 calon mahasiswa baru untuk program doktor. Mereka adalah dosen di STAIN Jayapura yang mendapat beasiswa khusus dari tempat mereka bertugas,” ungkapnya.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 13 Februari 2016 dan daftar ulang pada 13-20 Februari 2016. Sedangkan untuk orientasi studi dan perkuliahan akan dimulai pada 22-26 Februari 2016. (ns)