SPs UIN Jakarta Mengadakan Sminar Intenasional Tentang Islam dan Demokrasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

WhatsApp Image 2016-11-28 at 14.01.20SPs UIN Jakarta, Berita UIN Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta  selenggarakan Seminar Internasional bertajuk “Islam and Democration: In Search of Democratic Models In Muslim Countries” di Auditotium SPs UIN Jakarta, 16-18 November 2016.

Acara ini dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya adalah Prof Dr Masykuri Abdullah (UIN Jakarta), H.E Mr. Mourad Bellhassen (Duta Besar Tunisia di Indonesia), Assoc Prof Lily Zubaedah Rahim (University of Sydney), Prof Dr Bahtiar Effendy (UIN Jakarta), Prof Dr Masdar Hilmy (UIN Surabaya), Dr Ali Unsal (Turki), Dr Julian Millie (Australia), Dr Ali Munhanif (UIN Jakarta), dan Dr Hamid Slimi (Kanada).

Acara ini diresmikan oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada. Dalam sambutannya rektor mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini dan mengatakan bahwa Demokrasi di Indonesia pada saat ini sudah menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

“Demokrasi di Indonesia sudah mulai benar-benar diterapkan setelah tahun 1998 (Orde Reformasi), dan pada saat ini penerapan demokrasi di Indonesia sudah semakin baik lagi apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr Masykuri Abdullah menyatakan bahwa pada saat ini sudah banyak ulama dan Intelektual Muslim yang mendukung demokrasi. “Saat ini sebagian besar ulama serta intelektual dan pemimpin Muslim mendukung demokrasi sebagai sistem politik yang kompatibel dengan Islam, nilai-nilainya sesuai dengan nilai-nilai Islam pada masyarakat, khususnya konsep syura (musyawarah) sebagaimana diatur dalam Al Qur’an surat 3 ayat 159,” ujarnya (16/11).

Seminar Internasional pada hari pertama ini diikuti oleh segenap civitas akademika UIN Jakarta ini berjalan dengan lancar dan komunikatif, peserta yang hadir cukup antusias mengikuti seminar dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada para pembicara saat sesi tanya jawab. (lrf-umar)