Bogor, BERITA UIN Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta menggelar acara Workshop Percepatan Studi bagi para mahasiswa penerima beasiswa Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama di Bogor, Jawa Barat, pada 27-28 April 2018. Workshop diikuti oleh 42 peserta, terdiri atas 26 mahasiswa program doktor angkatan 2015 dan 16 mahasiswa program magister angkatan 2017.

Ikut hadir dalam workshop tersebut Direktur SPs UIN Jakarta Masykuri Abdillah, Wakil Direktor Ahmad Rodoni, Ketua Program Magister JM Muslimin, Sekretaris Program Magister Kamarusdiana, Ketua Program Doktor Didin Saepuddin, dan Sekretaris Program Doktor Usep Abdul Matin. Sedangkan pemateri utama disampaikan Guru Besar Institut Pertanian Bogor Aida Vitayala S Hubeis.

Workshop Percepatan Studi, menurut Diretur SPs UIN Jakarta Masykuri Abdillah kepada BERITA UIN Online, Senin (30/3/2018), bertujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa dalam upaya penyelesaian studi mereka. Selain itu juga untuk memberikan bimbingan langsung bagaimana menulis disertasi/tesis dengan baik sesuai kaidah-kaidah ilmiah dan standar yang berlaku di SPs UIN Jakarta.

Dalam beberapa pengalaman, anjutnya, tak sedikit mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan tugas akhir. Selain karena standar penulisan mutu yang diterapkan di SPs UIN Jakarta tinggi, para mahasiswa juga belum terbiasa dengan tradisi riset dan menulis dengan bagus.

“Faktanya masih saja ada mahasiswa yang menulis dengan bahasa Indonesia salah atau teknik penyajian yang kurang sesuai dengan pedoman penulisan di SPs UIN Jakarta,” katanya.

Oleh katrena itu, menurut Masykuri, melalui workshop ini berharap para mahasiswa dapat memahami teknik-teknik melakukan riset dan teknik menyajian hasil riset dengan baik serta memenuhi standar ilmiah.

Workshop Percepatan Studi diberikan secara intensif kepada para mahasiswa. Mereka selain menerima pengayaan materi dari narasumber ahli, juga bimbingan dari para mentor secara berkelompok. (ns)

Share This