SPMB Mandiri : UIN Jakarta Terima 3.301 Mahasiswa

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Gd. Rektorat, BERITA UIN OnlineUIN Jakarta menerima 3.301 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Jalur Mandiri tahun akademik 2016/2017. Kelulusan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor Nomoro 525 Tahun 2016 tentang Peserta Lulus SPMB Jalur Mandiri.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs. H. Zaenal Arifin, M.Pd.I mengatakan, penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri tahun ini berlangsung sangat ketat. Hal ini terlihat dari perbandingan jumlah pendaftar yang sangat banyak, sementara kuota yang diperebutkan sedikit.

“Total 16.748 peserta yang mendaftar. Sementara yang kita terima hanya 3.301 orang mahasiswa baru. Terdapat sebuah perbandingan yang cukup jauh sekaligus menunjukan betapa kompetetifnya proses seleksi,” katanya saat ditemui tim BERITA UIN Online di ruang kerjanya.

Data penerimaan mencatat, ke-3.301 orang mahasiswa baru tersebar di 55 prodi pada 11 fakultas. Jumlah terbanyak di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebanyak 583 orang mahasiswa, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 575 mahasiswa, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 523 orang mahasiswa baru.

Selanjutnya, Fakultas Syariah dan Hukum sebanyak 317 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 287 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 282 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sebanyak 220 orang, Fakultas Ushuluddin sebanyak 180 orang, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 157 orang. Lalu, Fakultas Dirasat Islamiyah 89 orang dan Fakultas Psikologi 88 orang.

Diketahui, UIN memberlakukan SPMB Mandiri sebagai salah satu jalur seleksi masuk para calon mahasiswa baru. Pada jalur ini, peminatan studi dijaring melalui enam kelompok ujian, yakni Kelompok Agama (A), Kelompok Sosial (B), Kelompok Sains (C), Kelompok Sosial Agama (BA), Kelompok Sains Agama (CA), dan Kelompok Sains Sosial (CB).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kelulusan jalur SPMB Mandiri dapat dilihat dengan mengakses laman http://penerimaan.uinjkt.ac.id/.(njs/zm)