Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Masa pendaftaran jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) ditutup resmi pada 29 Maret 2018 pukul 00.00. Di jalur ini, peminat masuk UIN Jakarta mencapai lebih dari empat ribu peserta dari 57 PTKIN yang menjadi peserta penyelenggara seleksi.

Siaran pers Humas UIN Jakarta yang diterima BERITA UIN Online, Senin (2/4/2018) menyebutkan, pada jalur SPAN PTKIN, UIN Jakarta menawarkan sedikitnya 30 program studi (prodi) keagamaan. Sedangkan kuota tersedia sebanyak 1.860 kursi yang tersebar di sejumlah prodi.

“Hingga berakhirnya masa pendaftaran SPAN PTKIN, UIN Jakarta diminati oleh 89.390 peserta. Angka tersebut mengungguli peminat di 57 PTKIN yang ada di seluruh Indonesia,” kata Kepala Humas UIN Jakarta Feni Arifiani MH.

Menurut Feni, berdasarkan laporan akhir yang diterima dari Panitia Pusat SPAN PTKIN, sebagai PTKIN pilihan pertama, peminat UIN Jakarta mencapai 23.599 peserta, sedangkan sebagai PTKIN pilihan kedua peminatnya hanya mencapai 21.096 peserta.

“Kita patut bersyukur bahwa masyarakat masih mempercayai UIN Jakarta sebagai PTKIN unggulan, baik dalam bidang studi keagamaan maupun bidang studi umum,” katanya.

SPAN PTKIN merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru nasional yang diikuti oleh perguruan tinggi Islam negeri di bawah kementerian agama, yaitu UIN, IAIN, dan STAIN. Jalur ini menerima mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik atau nilai rapor siswa lulusan madrasah aliyah dan sekolah umum (MA/SMA/SMK).

Pendaftaran SPAN PTKIN dibuka sejak 1-29 Maret 2018 secara online setelah siswa mendapatkan nomor User ID dan password dari pihak sekolah asal. Seleksi berkas akan dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama pada 9-14 April 2018 dan tahap kedua pada 18-25 April 2018. Sedangkan kelulusan akan diumumkan pada 1 Mei 2018. (ns)