Jakarta, BERITA UIN Online— Siwa SMA 1 Diponegoro antusias ingin masuk UIN Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme dan banyaknya pertanyaan siswa kepada narasumber saat dilakukan sosialisasi UIN Jakarta, Selasa (31/01). Acara yang bertujuan memberikan informasi yang aktual mengenai proses penerimaan mahasiswa baru tersebut, diikuti oleh siswa-siswi SMA 1 Diponegoro dan para wali siswa.

Hadir pada sosialisasi yang dilakukan atas undangan SMA 1 tersebut, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Drs H Zaenal Arifin MPdI sebagai narasumber, Kepala Sub Bagian Informasi Akademik Masruri MAg sebagai moderator, dan tim yang terdiri dari Staf Pengadministrasian Bagian Akademik Dede Komariah SPd, dan Staf Pengadministrasian DokPub (Dokumentasi dan Publikasi) Luthfy Rijalul Fikri SSosI.

Dalam penyampaiannya, Zaenal menjelaskan secara rinci mengenai teknik serta tahapan yang harus ditempuh baik oleh sekolah maupun siswanya, untuk dapat mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Ada beberapa jalur yang dapat ditempuh, sehingga adik-adik bisa meneruskan jenjang pendidikannya di perguruan tinggi,” ujarnya.

Masih menurut Zaenal, UIN Jakarta saat ini telah memperoleh banyak pengakuan dari dunia luar, juga banyak kerjasama yang telah dibangun dengan beberapa universitas luar negeri. Dengan demikian, lulusan UIN Jakarta saat ini mampu diterima untuk berkarir di Negara-negara ASEAN.

“UIN Jakarta saat ini sangat memperhatikan nasib para alumninya, hal itu dibuktikan dengan membekali para mahasiswanya keahlian lain dan menyertakan sertifikat atas keahlian tersebut. Jadi, adik-adik jangan ragu untuk memilih UIN Jakarta sebagai tempat untuk meneruskan jenjang studi,” tandas Zaenal yang disambut tepuk tangan dari peserta yang hadir.

Salah seorang siswi peserta sosialisasi Fatiya kepada BERITA UIN menuturkan, bahwa dirinya mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Pasalnya, selama ini dirinya hanya baru mendengar dari mulut ke mulut.

“Setelah mendapatkan penjelasan tadi, saya jadi tahu dan faham langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan agar saya dapat mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang saya minati,” ujarnya lugas.

Sebagai informasi, kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama satu jam. Dimulai pukul 11.00-12.00 WIB, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Tidak sedikit dari peserta yang hadir mengajukan beragam pertanyaan terkait jalur masuk ke UIN Jakarta dan apa saja fasilitas yang disediakan oleh UIN kepada mahasiswanya. (lrf)

 

Share This