Ruang Diorama, Berita UIN Online— 150-an siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pemalang, Jawa Tengah, melakukan kunjungan studi ke UIN Jakarta. Rombongan yang dipimpin Kepala Sekolah H. Bukhori S.Ag diterima langsung Kepala Bagian Akademik Ir. Hj. Yarsi Berlianti M.Si di Ruang Diorama, Selasa (25/4/207).

Dalam sambutannya, Bukhori mengungkapkan, kunjungan siswa ke UIN Jakarta merupakan bagian dari pengembangan wawasan siswa tentang pendidikan tingkat perguruan tinggi. “Guna menunjang dan menambah wawasan tentang perguruan tinggi, maka kami salah satunya mengunjungi UIN Jakarta,” katanya.

Selain UIN Jakarta, siswa-siswi MAN Pemalang juga bakal melakukan kunjungan serupa ke sejumlah perguruan tinggi di Jakarta dan Bandung. Sementara kunjungan ke UIN Jakarta sendiri menjadi prioritas mengingat banyaknya siswa-siswi MAN yang tertarik melanjutkan pendidikan tingginya di kampus ini.

Dalam paparannya, Yarsi mengatakan, UIN Jakarta menawarkan program studi dan fakultas yang relatif lebih lengkap dibanding perguruan tinggi keagamaan Islam negeri lainnya. Selain program studi studi-studi keislaman, siswa-siswi juga bisa melanjutkan ke program studi keilmuan umum seperti akuntansi, psikologi, kesehatan masyarakat dan kedokteran.

“Jadi, bila ada siswa-siswi yang tertarik melanjutkan pendidikan dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta bisa menjadi sasaran kuliah adik-adik siswa,” jelasnya.

Ditambahkan Yarsi, para siswa yang tertarik masuk kuliah ke UIN Jakarta bisa memanfaatkan berbagai jalur masuk. Diantaranya, SNMPTN, SPAN PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan SPMB Mandiri. “Untuk informasi lengkapnya bisa dicek di website masing-masing jalur atau lihat di laman www.uinjkt.ac.id,” paparnya. (Farah/yuni nurkamaliah/zm)

Share This