Sing Out Asia Tampil di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium Prof Dr Harun Nasution, BERITA UIN Online– Jakarta Communication Club (JCC) dan Teater ENJUKU bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta menggelar konser Sing Out Asia (SOA) pada Kamis (5/9/2013) di Auditorium Prof Dr Harun Nasution.

“Ini adalah festival yang diadakan setiap tahun oleh kedutaan Jepang untuk mengenalkan kebudayaan Jepang di UIN Jakarta,” ujar Fikri Faisal Adli, mahasiswa semester 9 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Jurusan Teknik Informatika (TI) yang menjadi salah satu tim official.

Selama ini, lanjutnya, SOA tidak pernah menggelar konser di institusi Islam. Pagelaran itu baru kali ini mendapatkan kesempatan untuk tampil di UIN Jakarta.

Fikri menambahkan, di samping ingin mengenalkan SOA dan kebudayaan Jepang di kalangan sivitas akademika UIN Jakarta, tim SOA yang terdiri atas 7 orang mahasiswa Mahidon University of Thailand dan 15 mahasiswa Waseda University of Japan, juga ingin mengenal Islam lebih dekat.

“Bukan hanya sekedar menggelar konser, mereka juga melakukan dialog dengan mahasiswa UIN Jakarta seputar gaya berpakaian Muslim dan makanan yang dikonsumsi orang-orang Islam,” paparnya.

Menurut Saburo Hatano, Managing Director SOA berkebangsaan Jepang, banyak orang Islam yang berkunjung ke negerinya dan kesulitan menemukan makanan halal di sana.

“Demi memberikan kenyamanan bagi orang Islam ketika makan, pemilik rumah makan di Jepang harus mengantongi sertifikat halal dari komunitas Muslim yang ada di sana,” terangnya.

Di samping itu, sambungnya, mahasiswa UIN Jakarta juga ternyata memberikan apresiasi yang baik dengan konser yang digelar tersebut dengan banyaknya mahasiswa yang hadir dan mereka ingin mengetahui lebih jauh tentang lagu-lagu Asia.

Konser yang digelar selama 2 jam tersebut menampilkan lagu-lagu Asia termasuk lagu Ilir-ilir dari Indonesia dan disaksikan oleh ratusan mahasiswa, Dekan FST Dr Agus Salim MSi, dan sejumlah pejabat FST. (MF)