Jakarta, BERITA UIN Online – Setelah melakukan sosialisasi di Avicenna Cinere, Depok, Jawa Barat, UIN Jakarta kembali menggelar sosialisasi kepada para pelajar kelas 12 di Avicenna, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (09/02).

Sosialisasi yang dilaksanakan pada acara Career Day 2017 tersebut, bertujuan memberikan informasi jalur masuk UIN Jakarta serta berbagai informasi lainnya terkait dengan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018, dan system perkuliahan serta pasilitas yang ada di UIN Jakarta.

Kegiatan sosialisasi rutin dilakukan oleh Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi UIN Jakarta. Pada kesempatan tersebut dilakukan oleh, Feni Arifiani MH (Kasubbag Dokumentasi dan Publikasi), Eva Nauli Aplira SmHK (Staf DokPub), dan Luthfy Rijalul Fikri (Staf DokPub UIN Jakarta).

Seperti halnya sosialisasi di sekolah-sekolah lain, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, antara lain soal mekanisme pendaftaran, beasiswa, pembayaran uang kuliah, dan waktu kuliah.

Feni Arifiani, yang saat itu menyampaikan presentasi di antaranya menyatakan, syarat calon mahasiswa baru yang diterima di UIN Jakarta berasal dari lulusan SMA/SMK/Aliyah atau pondok pesantren. Pendaftaran dilakukan secara online melalui panitia penerimaan mahasiswa baru yang disediakan di laman www.uinjkt.ac.id.

“Syarat pertama untuk dapat menjadi mahasiswa baru UIN Jakarta, harus sudah dinyatakan lulus dari sekolah SMA/MA sederajat, selanjutnya telah membayar biaya pendaftaran ulang melalui bank yang ditunjuk. Setelah membayar, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor personal identitiy number atau PIN dari bank. Kemudian baru mengisi biodata diri dengan cara login di ruang pendaftaran yang tersedia,” ujar Feni menjelaskan.

Selain itu, menurut Feni, mahasiswa yang sudah mengisi biodata dapat meng-upload pas foto diri dan langsung bisa mencetak kartu ujian. Dalam kartu yang dicetak secara otomatis tertera pilihan paket program studi dan jadwal ujian.

“Sistem tersebut sangat memudahkan setiap calon mahasiswa baru mendaftar. Jadi, kalian tak perlu repot datang ke kampus untuk mendaftar karena dapat juga dilakukan di rumah,” katanya. Sistem tersebut, tambahnya, tak hanya bagi yang mendaftar melalui seleksi masuk tertulis jalur SBMPTN tetapi juga Ujian Mandiri.

Sebagai catatan, masa pendaftaran yang sudah dibuka saat ini di antaranya melalui jalur Penulusuran Prestasi Akademik SNMPTN dan jalur ujian tulis SBMPTN. Pendaftaran jalur PPA SNMPTN akan dimulai pada 21 Februari-6 Maret 2017, seleksi berkas pada 16 Maret-15 April 2017, dan pengumuman kelulusan pada 26 April 2017. Pendaftaran jalur ini diawali dengan pengisian dan verifikasi pangkalan data siswa sekolah (PDSS) yang dimulai pada 14 Januari hingga 12 Februari 2017.

Sedangkan jalur SBMPTN pendaftarannya akan dimulai pada 11 April-5 Mei 2017, ujian tulis pada 16 Mei 2017, ujian keterampilan pada 17 dan atau 18 Mei 2017, dan pengumuman kelulusan pada 13 Juni 2017. (lrf)

 

Share This