Serial Buku Ajar, Sosiologi Industri

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Sosiologi Industri, Cucu Nurhayati & Husnul Khitam, 2016.

Sosiologi Industri, Cucu Nurhayati & Husnul Khitam, 2016.

Judul : Sosiologi Industri
Penulis : Cucu Nurhayati & Husnul Khitam
Penerbit : UIN Jakarta Press
Tahun Terbit : Cet. I, Desember 2015
Tebal : ii +142 Halaman

Perkembangan industri memberikan dampak sosial luar biasa bagi masyarakat. Selain mengubah mereka dari kehidupan perdesaan yang berbasis pada sektor pertanian, perkembangan industri juga memacu urbanisasi penduduk dari kawasan perdesaan ke perkotaan.
Tidak hanya itu, perkembangan industri juga membawa konsekuensi berupa perubahan kelembagaan sosial di tengah-tengah masyarakat. Sebab selain berpengaruh pada karakteristik masyarakatnya, industrialisasi juga menciptakan kelas sosial baru, buruh industri, yang tidak ditemukan pada masyarakat pra-industri.
Buku Sosiologi Industri yang ditulis Cucu Nurhayati dan Husnul Khitam ini memotret fenomena masyarakat industri dari sudut pandang sosiologi. Berbeda dari buku-buku referensi serupa yang seringkali menggunakan pengalaman masyarakat industri Eropa dan Amerika, buku ini ditulis dari sudut pengalaman masyarakat industri Indonesia.
Secara teknis, buku ini ditulis dalam delapan Bab. Setelah bab pendahuluan, pada bab selanjutnya dijelaskan tentang Industri dan Masyarakat Industri, Pendekatan Sosiologi Industri, Perkembangan Sistem Produksi. Selanjutnya, dideskripsikan tentang Buruh Kerja, Serikat Buruh, dan Gerakan Buruh. (zm/njs)