Serial Buku Ajar, Psikologi Industri dan Organisasi

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep Dasar dan Teori), Akhmad Baidun, UIN Jakarta Press 2016.

Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep Dasar dan Teori), Akhmad Baidun, UIN Jakarta Press 2016.

Judul : Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep Dasar dan Teori)
Penulis : Akhmad Baidun
Penerbit : UIN Jakarta Press
Tahun Terbit : Cet. I, Februari 2016
Halaman : viii+392 Halaman

Cascio (2001) seperti dikutip Rothman & Cooper (2008) mengatakan psikologi Industri dan Organisasi merupakan salah satu cabang terapan ilmu psikologi. Disiplin ini memfokuskan diri pada perilaku manusia dalam dunia kerja, organisasi, dan produktifitas.
Definisi yang disampaikan Cascio ditegaskan Muchinsky (2010) yang menyatakan bahwa Psikologi Industri dan Organisasi merupakan aplikasi pengetahuan tentang psikologi dalam menyelesaikan berbagai persoalan dunia kerja. Definisi Muchinsky ini lahir terutama dalam posisi cabang psikologi ini dari sudut pandang profesional atau praktisi.
Disiplin ilmu Psikologi Industri dan Organisasi sendiri semakin dibutuhkan masyarakat modern dengan sistem dunia kerja yang semakin menuntut profesionalitas. Dalam konteks itu, buku berjudul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep Dasar dan Teori) yang ditulis Akhmad Baidun ini menemu relevansinya.
Buku serial buku ajar ini terdiri dari delapan bab. Bab pertama, Pendahuluan, menyampaikan cakupan bidang psikologi industri dan organisasi, termasuk aktifitas penelitian dan etika yang berlaku di dalamnya.
Bab kedua, Perbedaan Individu. Bab ini membahas sejumlah sub topik penting seperti latar belakang kajian, keragaman, dan wawasan kepribadian.
Bab ketiga, Employee Selection: References and Testing. Bab ini memuat sejumlah bab seperti memprediksi kinerja menggunakan referensi dan surat rekomendasi, memprediksi kinerja menggunakan pelatihan dan pendidikan pelamar, memprediksi kinerja menggunakan pengetahuan pelamar dan lain-lain.
Bab keempat, Evaluasi Kinerja. Bab ini memuat delapan sub bab utama, seperti alasan mengevaluasi kinerja karyawan, mengidentifikasi keterbatasan lingkungan dan budaya, menentukan pelaksana evaluasi kinerja, hingga pemecatan karyawan.
Bab kelima, Teknik Evaluasi dan Keputusan Seleksi. Bab keenam, Employee Motivation. Bab ketujuh, Kepempimpin. Bab kedelapan, Perilaku Kelompok, Tim dan Konflik. (zm/njs)