Manajemen Pelatihan Penyuluhan, Sugiharto dkk. UIN Jakarta Press, 2015.

Manajemen Pelatihan Penyuluhan, Sugiharto dkk. UIN Jakarta Press, 2015.

Judul : Manajemen Pelatihan Penyuluhan
Penulis : Sugiharto, M Yudi Ali Akbar, Nasichah
Penerbit : UIN Jakarta Press
Tahun Terbit : Cet. I, Desember 2015
Halaman : iv+150 Halaman

James F. Adam mendefinisikan penyuluhan adalah suatu pertalian timbal balik antara dua orang individu dimana seorang (counselor) membantu yang lain, supaya ia dapat lebih baik memahami dirinya dalam hubungannya dengan masalah hidup yang dihadapinya pada waktu itu dan waktu yang akan datang.
Agar penyuluhan bisa mencapai tujuan diperlukan pelatihan khusus guna mendukung usaha tercapainya tujuan tersebut. Buku Manajemen Pelatihan Penyuluhan yang ditulis Sugiharto, M Yudi Ali Akbar, dan Nasichah memberikan gambaran pengetahuan dan informasi mengenai penyuluhan dan dakwah yang harus dilakukan kepada masyarakat luas di Indonesia.
Buku serial buku ajar ini terdiri dari lima bab. Bab pertama, Dasar-Dasar Manajemen Pelatihan Penyuluhan yang memuat pengertian, tujuan, manfaat, bentuk-bentuk, metodologi, komponen, prinsip-prinsip, peran dan fungsi manajemen pelatihan penyuluhan.
Bab kedua, Perencanaan Pelatihan Penyuluhan yang memuat identifikasi dan kebutuhan, merumuskan tujuan pelatihan penyuluhan, menyusun materi dan kurikulum, mengelola waktu dan menentukan tempat, menetapkan pelatihan penyuluhan, serta menyeleksi peserta pelatihan penyuluhan.
Bab ketiga, Pengorganisasian Dalam Pelatihan Penyuluhan yang memuat desain organisasi, membentuk kepanitiaan, dan memimpin sebuah pertemuan pelatihan penyuluhan.
Bab keempat, Pelaksanaan Pelatihan Penyuluhan yang memuat prosedur pelaksanaan, langkah-langkah pelaksanaan, tujuan dan manfaat, serta unsur-unsur pelatihan penyuluhan.
Bab kelima, Pengawasan Pelatihan Penyuluhan yang memuat pengawasan, tahap-tahap dalam proses pengawasan, pentingnya pengawasan, perancangan proses pengawasan, evaluasi dan penilaian. (NJS)

Share This