Judul               : Buku Saku Osteoarthritis Lutut

Penulis             : dr. Achmad Zaki, M.Epid, Sp.OT.

Penerbit           : Celtics Press, Bandung

Tahun Terbit    : Cet. I, 2013

Halaman          : 70 halaman

Dengan meningkatnya usia harapan hidup masyarakat Indonesia, maka ini berdampak pada banyaknya penduduk berusia lanjut. Di balik peningkatan jumlah lansia, akan banyak timbul masalah-masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan penyakit degeneratif atau penyakit terkait penuaan. Selain peningkatan jumlah lansia beresiko tinggi di masyarakat, aktivitas keseharian yang meningkat tanpa disertai pola hidup sehat juga berimbas pada resiko nyeri sendi ini.

Salah satu penyakit yang jamak ditemui adalah osteoarthritis, atau dalam bahasa awam disebut nyeri sendi.Dalam hal ini salah satu dosen Program Studi Pendidikan Dokter UIN Jakarta, dr. Achmad Zaki, M.Epid, Sp.OT., yang juga saat ini menjabat sebagai kepala program studi tersebut, menyusun Buku Saku Osteoarthritis Lutut.

Terdiri dari empat bab, pada bab pertama buku ini dijelaskan definisi dan derajat, mekanisme penyakit, penyebab dan faktor resiko, serta penegakan diagnosis untuk osteoarthritis lutut. Penjelasan dikupas mulai dasar anatomi sendi lutut, mekanisme penyakit di tingkat seluler dan gejala yang menyertainya.Selanjutnya dalam bab kedua dijelaskan metode dan langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat umum, atau menjadi bahan edukasi bagi para praktisi kesehatan.

Di bab ketiga, dibahas jenis terapi pengobatan komprehensif baik yang bersifat operatif maupun non-operatif untuk penderita osteoarthritis lutut. Metode fisioterapi, jenis obat anti nyeri, pengurangan beban kerja, sampai yang bersifat spesialistik seperti artroskopi dan astroplasti. Pada akhir bab disampaikan guideline yang kerap digunakan ahli medis, bersandarkan pada beberapa hasil riset. Pada bab terakhir

Buku ini memang mengandung banyak istilah teknis, karena memang buku ini menjadi buku pegangan bagi tenaga kesehatan sebagai materi tentang osteoarthritis lutut sehingga agak sulit dicerna kalangan yang belum meneatahui istilah-istilah medis. Namun sebagai referensi atau penambah wawasan, Buku Saku Osteoarthritis Lutut ini menarik dibaca. (Muhammad Iqbal Syauqi)

Share This