Tafsir Akidah, Faizah Syibromalisi. LP2M-UIN Jakarta Press, 2016.

Tafsir Akidah, Faizah Syibromalisi. LP2M-UIN Jakarta Press, 2016.

Judul               : Tafsir Akidah

Penulis             : Faizah Ali Sybromalisi

Penerbit           : LP2M-UIN Jakarta Press

Tahun Terbit    : Cet. I, Januari 2016

Halaman          : x+164 Halaman

 

Akal dan indera manusia tidak cukup mampu memberikan jawaban yang komprehensif bagi pertanyaan-pertanyaan yang selalu mengusik hati nurani manusia seputar Allah sang pencipta, hal-hal ghaib dan keberadaan manusia di panggung dunia ini. Maka dari itu, ayat-ayat akidah dapat menjawab semua pertanyaan itu.

Akidah adalah fondasi dan akar keimanan yang menjadi substansi keberagamaan seorang muslim. Sedangkan tafsir akidah yaitu penafsiran ulama terhadap ayat-ayat yang berhubungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan keimanan dan kepercayaan, seperti percaya kepada keesaan dan kekuasaan Allah, malaikat, Rasul, kitab suci, hari kiamat dan ayat-ayat yang mengungkap rahasia kehidupan manusia dan kematian.

Buku ajar Tafsir Akidah yang ditulis oleh Faizah Ali Sybromalisi memberikan penjelasan dan informasi mengenai ayat-ayat akidah dalam Al-Quran. Buku yang ditulis oleh dosen Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta ini terdiri dari enam bab. Bab pertama, Pendahuluan yang mencakup latar belakang masalah, tujuan penulisan, dan manfaat buku.

Bab kedua, Keyakinan Kepada Allah Sebagai Al-Illah yang mencakup pengertian Al-Illah, ayat-ayat tentang keesaan Allah, hanya Allah yang layak disembah, larangan menyekutukan Allah, dan hikmah mengetahui makna iman kepada keesaan Allah.

Bab ketiga, Allah sebagai Rabb dalam Al-Quran yang mencakup pendahuluan, definisi rabb, kosakata al-rabb dalam Al-Quran, sifat-sifat rabb sebagai wujud al-Rububiyah dalam Al-Quran, implikasi teologis makna rububiyah dalam kehidupan manusia, dan urgensi mengetahui sifat-sifat rububiyah.

Bab keempat, Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah yang mencakup pendahuluan, pengertian asma dan sifat Allah, nama-nama Allah sebagai al-asma’ al-husna, pengenalan ayat-ayat yang mengandung sifat-sifat Allah, dan klasifikasi sifat-sifat Allah.

Bab kelima, Beriman Kepada Malaikat yang mencakup pendahuluan, pengertian malaikat, meyakini keberadaan malaikat, sifat-sifat malaikat, fungsi dan tugas malaikat, dan hikmah mengetahui sifat malaikat.

Bab keenam, Al-Quran Sebagai Kitab Suci yang mencakup pendahuluan, definisi Al-Quran, nama-nama Al-Quran, Al-Quran sebagai kitab suci, posisi Al-Quran diantara kitab-kitab sebelumnya, fungsi dan peran Al-Quran, samudera kandungan Al-Quran, otentisitas Al-Quran, beriman kepada kitab suci, dan kewajiban mengamalkan ajaran Al-Quran. (njs)

Share This