Sosiologi Al-Quran: Agama dan Masyarakat dalam Islam. M. Amin Nurdin dkk.

Judul   : Sosiologi Al-Quran: Agama dan Masyarakat dalam Islam

Penulis : M. Amin Nurdin, Eva Nugraha, Dadi Darmadi

Penerbit: UIN Jakarta Press

Terbit   : 2015

Tebal   : LP2M & UIN Jakarta Press

Bagi siapa pun yang menganut agama, kitab suci menempati posisi sangat penting. Ia menjadi rujukan bagi para penganutnya saat harus bertanya tentang ide utama ajaran agama maupun pelaksanaan ritual keagamaan.

Pun halnya dalam Islam, Al-Quran menempati posisi cukup penting. Ia menjadi rujukan tidak hanya soal prinsip dasar keislaman, melainkan juga referensi atas berbagai kehidupan kemanusiaan secara universal.

Buku Sosiologi Al-Qur’an yang ditulis M. Amin Nurdin, Eva Nugraha, dan Dadi Darmadi ini menjadi salahsatu buku yang menjelaskan lebih jauh tentang bagaimana Al-Qur’an berbicara soal kehidupan sosial. Seperti dijelaskan para penulisnya, buku ini diharapkan mampu menguak nilai-nilai Qur’ani yang bisa dijalankan masyarakat Muslim, baik secara individual maupun sosial.

Secara teknis, buku ini ditulis dalam tujuh bab. Bab pertama, bab pendahuluan, mengurai pengertian, tujuan, manfaat, dan ruang lingkup Sosiologi Al-Quran.

Bab kedua, Memahami Pola Interaksi Sosial Masyarakat dalam Kitab Suci. Bab ini memuat konsep-konsep kunci dalam memahami masyarakat melalui kitab suci. Terdapat sejumlah konsep kunci seperti Masyarakat dalam Sosiologi, Teologi, dan Ummah.

Bab ketiga, Agama dan Fungsinya. Bab ini mendeskripsikan asal-usul agama, dimensi, dan fungsi agama.

Bab keempat, Al-Qur’an dan Pembentukan Budaya. Bab ini memuat sejumlah sub tema proses pembentukan budaya. Beberapa diantaranya seperti penjelasan tentang konsep Jahiliyah dan budaya Arab pra-Islam.

Bab kelima, Konsep Al-Qur’an tentang Manusia. Pada bab ini, para penulis menarasikan konsepsi Al-Qur’an tentang penciptaan manusia, berbagai istilah manusia di dalam Al-Qur’an, tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan konsepsi individu dan masyarakat.

Bab keenam, Konsep Masyarakat dalam Al-Qur’an. Pada bab ini dijelaskan tentang tema-tema pokok Al-Qur’an tentang manusia, konsep masyarakat madani, demokrasi dan kehidupan masyarakat manusia kontemporer.

Bab ketujuh, Struktur Masyarakat. Bab ini menarasikan tentang berbagai dimensi struktur masyarakat seperti struktur keagamaan masyarakat, struktur sosial, dan realitas sosial. (njs)

Share This