Seri Buku Ajar: Manajemen Produk dan Jasa Layanan Perbankan Syariah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Manajemen Produk dan Jasa Layanan Perbankan Syariah. Aini Masruroh, 2015.

Manajemen Produk dan Jasa Layanan Perbankan Syariah. Aini Masruroh, 2015.

Judul           : Manajemen Produk dan Jasa Layanan Perbankan Syariah

Penulis        : Aini Masruroh

Terbit           : Januari 2016

Penerbit      : LP2M-UIN Jakarta Press

Tebal          : xi+261 Halaman

 

Industri keuangan dan perbankan syariah lokal-global terus meningkat. Tidak hanya tumbuh secara kelembagaan, para pelaku industri sektor ini terus mengembangkan berbagai variasi produk dan jasa layanan perbankan yang semakin dekat dengan kebutuhan masyarakat.

Keberhasilannya dalam mengembangkan diri tidak terlepas dari bagaimana para pelaku industri sektor ini melakukan pengelolaan sehingga bisa terus bertahan dan meningkat. Buku berjudul Manajemen Produk dan Jasa Layanan Perbankan Syariah yang ditulis Aini Masruroh ini menjelaskan bagaimana pengelolaan yang dilakukan sektor perbankan syariah.

Dijelaskan Aini, manajemen produk dan jasa layanan perbankan syariah sendiri merupakan pengelolaan lembaga keuangan dalam bentuk bank syariah, baik dari sisi produk penghimpunan dana, penyaluran dana, investasi, maupun produk jasa. Sedang, bank syariah sendiri adalah bank yang beroperasi sesuai prinsip-prinsip ekonomi syariah.

Buku ajar yang ditulis dosen Jurusan Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta ini ditulis dalam 10 bab. Bab pertama, Konsep Dasar Usaha Bank Syariah, menjelaskan jenis kegiatan, landasan hukum, dan prinsip-prinsip sektor perbankan syariah.

Bab kedua, Manajemen Dana Bank Syariah. Bab ini menjelaskan pengertian manajemen dana bank syariah sendiri, tujuannya, sumber dana, maupun sumber dan alokasi pendapatan bank syariah.

Bab ketiga, Akad dalam Transaksi Bank Syariah. Bab ini memuat penjelasan teori dan praktif sejumlah akad dalam fiqih Islam seperti akad pola titipan, akad pola pinjaman, akad pola bagi hasil, akad pola jual beli, akad pola sewa dan lain-lain.

Bab keempat, Manajemen Produk Penghimpunan Dana Bank Syariah. Pada bab ini dijelaskan pola-pola penghimpunan dana seperti tabungan, deposito, dan giro.

Bab kelima, Manajemen Produk Penyaluran Dana. Bab ini memuat sejumlah produk penyaluran seperti pembiayaan dengan pola jual beli, pembiayaan dengan prinsip sewa-menyewa, pembiayaan dengan prinsip bagi hasil, dan pinjaman atau qardh.

Bab keenam, Manajemen Jasa Layanan Bank Syariah. Bab ini menjelaskan jasa perbankan syariah baik jasa operasional seperti Real Tiemn Gross Settlement dan Letter of Credit maupun produk seperti bank garansi, anajk piutang, dan mobile banking.

Bab ketujuh, Manajemen Produk Investasi Bank Syariah di Pasar Uang. Bab ini membahas seluk beluk soal pengelolaan produk investasi bank syariah baik berupa Sertifikat Bank Indonesia Syariah dan Pasar Uang Antar Bank Syariah.

Bab kedelapan, Manajemen Produk Investasi Bank Syariah di Pasar Modal. Bab ini menjelaskan produk-produk investasi di pasar modal syariah seperti saham syariah, sukuk, dan reksadana syariah.

Bab kesembilan, Konsep Bagi Hasil Bank Syariah. Bab ini mendeskripsikan sistem bagi hasil yang jamak diterapkan dalam ekonomi syariah, metode perhitungannya, termasuk perbedaan bagi hasil dengan bunga.

Bab kesepuluh, Inovasi Produk dan Jasa Layanan Bank Syariah. Bab ini menguraikan inovasi dalam sektor keuangan dan perbankan syariah seperti pembiayaan multiguna, kredit tanpa agunan syariah, dan margin during construction. (njs)