Administrasi Pendidikan, Nurochim, 2016.

Administrasi Pendidikan, Nurochim, 2016.

Judul               : Administrasi Pendidikan

Penulis             : Nurochim

Penerbit           : UIN Jakarta Press

Tahun Terbit    : Cet. I, Februari 2016

Halaman          : xvi+492 Halaman

M. Ngalim Purwanto (2003: 3-4) mengatakan administrasi pendidikan adalah segenap proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual maupun material, yang bersangkutpaut dengan pencapaian tujuan pendidikan.

Sementara itu, Depdiknas RI menegaskan, administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan kegiatan bersama dalam dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasiaan, pengawasan, pembiayaan dan pelaporan dengan menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personal, material maupun spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara efisien dan efektif.

Disiplin ilmu administrasi pendidikan sendiri sangat dibutuhkan khususnya di kalangan pendidik sebagai pendukung tercapainya tujuan pendidikan. Buku ajar yang berjudul Administrasi Pendidikan yang ditulis Nurochim membantu dosen dan mahasiswa atau praktisi pendidik sebagai pengayaan literatur dalam proses belajar mengajar.

Buku serial buku ajar ini terdiri dari delapan belas bab. Bab pertama, Pendahuluan yang mencakup latar belakang, tujuan, ruang lingkup isi buku dan manfaat buku. Bab kedua, Konsep Dasar Administrasi Pendidikan yang mencakup pengertian, dasar dan tujuan, unsur-unsur, prinsip-prinsip, ruang lingkup dan fungsi-fungsi administrasi pendidikan.

Bab ketiga, Konsep Dasar Organisasi Pendidikan yang mencakup pengertian organisasi dan organisasi pendidikan, tujuan organisasi pendidikan, fungsi organisasi pendidikan, prinsip-prinsip dan organisasi pendidikan sebagai sebuah sistem sosial.

Bab keempat, Perencanaan Pendidikan yang mencakup pengertian perencanaan dan tujuan perencanaan, pendekatan perencanaan, prinsip-prinsip, jenis dan lingkup, tahapan perencanaan, pengembangan model perencanaan strategis, dan tenaga perencanaan pendidikan yang professional.

Bab kelima, Pengorganisasian Pendidikan yang mencakup penyusunan struktur organisasi, hirarki dalam pengorganisasian pendidikan, objek, strategi, dan taktik dalam organisasi, lingkungan dan dinamika organisasi pendidikan, kekuatan dalam organisasi dan perkembangan teori organisasi.

Bab keenam, Kepemimpinan Pendidikan. Bab ketujuh, Komunikasi Organisasi Pendidikan. Bab kedelapan, Motivasi Dalam Organisasi Pendidikan Bab kesembilan, Pengawasan Pendidikan Bab kesepuluh, Administrasi Kurikulum Bab kesebelas, Administrasi Peserta Didik

Bab kedua belas, Administrasi Sarana dan Prasarana. Bab ketiga belas, Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Bab keempat belas, Administrasi Pembiayaan. Bab kelima belas, Administrasi Hubungan Sekolah/Madrasah Dengan Masyarakat. Bab keenam belas, Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Bab ketujuh belas, Manajemen Mutu Pendidikan. Bab kedelapan belas, Akreditasi Institusi Pendidikan. (njs)

Share This