Sebanyak 419 Peserta Lulus PMDK Lakukan Daftar Ulang

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Kantor PUSKOM, BERITA UIN Online–Sebanyak 419 peserta  seleksi jalur Penelurusan Minat dan Kemampuan (PMDK),  yang dinyatakan lulus masuk UIN Jakarta tahun akademik 2012/2013, melakukan daftar ulang (her-registrasi). Dari 419 orang itu, sebagian besar sudah mendapatkan nomor induk mahasiswa (NIM).

“Yang sudah membayar dan mendapatkan NIM ada sekitar 407 peserta. Sedangkan 12 orang sudah membayar, tetapi mereka belum mendapat NIM. Mereka nanti tetap berhak mendapat NIM kalau sudah kuliah,” ujar Dudung Abdullah,  staf Pusat Komputer (PUSKOM) UIN Jakarta, di Kantor PUSKOM, Lt. 1 Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH).

Sesuai  Keputusan  Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor: Un. 01/R/HK.00.5/29/ 2012 tertanggal  17 Maret 2012, sebanyak 460 dinyatakan lulus seleksi jalur PMDK. Namun, sampai batas akhir pendaftaran ulang, terdapat sekitar  41 calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang.

Calon mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang, menurut Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof Dr  H Moh. Matsna HS  MA, mereka dianggap mengundurkan diri. “Sesuai dengan peraturan yang dibuat UIN Jakarta, kalau sampai batas akhir pendaftaran ulang tidak ikut registrasi, berarti mengundurkan diri,”ujarnya.

Selain membuka jalur PMDK, pada waktu yang  hampir bersamaan UIN Jakarta mulai tahun akademik 2012/2013 juga membuka jalur SMNPTN Undangan. Kendati, kouta yang tersedia pada jalur ini relatif kecil, peminatnya cukup banyak.

Berdasarkan data PUSKOM, sebanyak 3636 calon peserta menjatuhkan pilihannya pada beberapa program studi (Prodi) di UIN Jakarta. Banyak di antara mereka yang berminat pada Prodi Ekonomi, Manajemen, Perbankan Syari’ah, Psikologi, dan lain-lainnya.

Kuota terbanyak di miliki Fakultas Psikologi, yaitu 10 kursi. Sedangkan pada prodi lain berkisar antara dua, tiga, bahkan satu kursi saja. Ini artinya kompetesi masuk UIN Jakarta jalur SNMPTN Undangan sangat ketat. (Zaenal M)