SD Muhammadiyah Yogyakarta Juara Optika XII

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FITK, BERITA UIN Online– Semboyan Yogyakarta adalah Kota Pelajar (mungkin) masih berlaku. Buktinya, SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta, berhasil mengalahkan puluhan madrasah dan sekolah se-Jawa pada Olimpiade Matematika (Optika) XII UIN Jakarta 2012 tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Pada kompetisi ini SD yang terletak di bilangan Jalan Ringroad Utara Gorongan Condongcatur Depok Sleman, ditabalkan sebagai juara I. Sedangkan juara II ditempati SDIT Baitul Maal Tangerang Selatan, dan juara III disabet SDIT Auliya Tangerang Selatan.

Untuk juara I, berhak mendapatkan piala bergilir Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)UIN Jakarta, trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan, dan souvenir OPTIKA XII. Selanjutnya, juara II berhak mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan. Dan, juara III  berhak mendapatkan trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.

Untuk memenangi Optika XII bukanlah hal mudah. Pasalnya, sebelum bisa bertanding di babak final, madrasah/sekolah  yang bersangkutan harus menjadi juara di subwilayah (setingkat kabupaten/kota) masing-masing.

Setelah menang di tingkat kabupaten/kota, maka pemenang diperkenankan mengikuti Optika pada tingkat wilayah. Optika XII kali ini diselenggarakan di tujuh wilayah, yaitu, Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur bagian utara, dan Jawa Timur bagian selatan.

Bagi peserta yang menjadi juara I, II, dan III di masing-masing wilayah, maka mereka berhak mengikuti kompetesi Optika di tingkat pusat (UIN Jakarta).

Sesuai ketentuan yang diberlakukan panitia, setiap sekolah berhak mengirimkan utusan maksimal dua regu dan setiap regu terdiri atas tiga orang inti dan seorang cadangan.

Untuk memenangi kompetesi, pesarta harus betul-betul menguasai dan memahami materi yang dilombakan. Materi lomba pada Optika XII kali ini disesuaikan dengan kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di masing-masing tingkat Madrasah dan Sekolah Islam.

Menurut Ketua Pelaksana Olimpiade Frendi Astra, kegitan Optika XII dimaksudkan meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri siswa dalam mempelajari Matematika, memberikan wadah bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang Matematika,  dan mengukur keberhasilan siswa dalam menguasai materi pelajaran Matematika. ” Ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan madrasah dan sekolah Islam,” ujarnya. (Zaenal M)