Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa FLAT (Foreign Languages Association) UIN Jakarta, bekerjasama dengan Indonesian Scrabble Federation (ISF) menggelar “The Nationals Scrabble Tournament”. Jumat-Ahad (14-16/07), Aula Student Center UIN Jakarta.

Aula SC, BERITA UIN Online—Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa FLAT (Foreign Languages Association) UIN Jakarta, bekerjasama dengan Indonesian Scrabble Federation (ISF) menggelar “The Nationals Scrabble Tournament”. Kegiatan yang dilaksankan di Aula Student Center (SC) ini, berlangsung selama tiga hari, (14-16/07).

Perlombaan yang diikuti 59 perserta yang berasal dari Jakarta, Bogor, Lampung, Bukit Tinggi, dan Padang tersebut, dibagi menjadi tiga tingkatan. Yaitu, Master, Intermediate, dan Youth. Untuk tingkat Youth sendiri, diikuti oleh peserta dari kalangan SMA sederajat. Sedangkan untuk Master dan Intermediate diikuti oleh Mahasiswa.

Kepada BERITA UIN Online, Wakil Ketua Umum Indonesian Scrabble Federation (ISF) Ario Ananada Lipianto mengatakan, sejak berdirinya ISF pada tahun 2011, peminatnya semakin banyak.

“Acara ini diselenggarakan setiap tahun dengan tempat yang berbeda, sesuai dengan institusi mana kami bekerjasama. Mahasiswa UIN Jakarta sendiri,  banyak yang mengikuti kegiatan ini, melihat minat yang tinggi tersebut, akhirnya muncul inisiatif untuk mengadakan lomba ini di UIN Jakarta,” jelas Ario.

Ditambahkannya, siapa pun masyarakat Indonesia boleh bergabung dengan Indonesian Scrabble Federation. Karena, tujuan utama kegiatan ini untuk mewadahi peserta dalam menyalurkan minat dan bakatnya.

Pada kesempatan dan tempat yang sama, Kasubbag Bina Bakat dan Minat Mahasiswa Raden Trisno Muh. Riyadhi SKom MM dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada ISF yang telah memeberikan kesempatan kepada UIN Jakarta menjadi tuan rumah acara ini.

“Ini kali pertama UIN Jakarta menjadi tuan rumah kegiatan ini. Untuk selanjutnya,  mudah-mudahan dari FLAT bisa mensosialisasikan kegiatan ini ke Mahasiswa secara umum, sehingga scrabble bisa di masyarakatkan,” imbuh Trisno.

Menguatkan perkataan Trisno, Intan Qomariah sebagai Ketua Bidang Skill Development FLAT UIN Jakarta, mengatakan  “Di luar sana scrabble ada wadahnya dan sudah ke tingkat Internasional. FLAT sendiri ingin mengajak dan  memperkenalkan scrabble ke sivitas akademika UIN Jakarta, yang selanjutnya dikembangkan. Karena, selain banyak manfaatnya kita juga bisa berelasi dengan  kampus lain,” tandas Intan.

Masih kat Intan, untuk kedepannya, semoga scrabble semakin banyak diminati dan yang sudah berkecimpung di dunia scrabble bisa meningkatkan kemampuannya hingga ke tingkat Internasional. Lebih jauh lagi, kegiatan ini dapat mengharumkan nama UIN Jakarta. (lrf/puji)

Share This