Ruang Diorama, BERITA UIN Online— Sejumlah santriwati Sekolah Putri Daarul Istiqomah (SPIDI) Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan studi banding perguruan tinggi ke UIN Jakarta, Senin (5/3/2018). Studi banding yang didampingi Guru Konseling, Amal Hasan S.Pd, diterima langsung Kasubag Dokumentasi dan Publikasi UIN Jakarta, Feni Arifiani MH.

Dalam sambutannya, Amal mengungkapkan, kegiatan studi banding diikuti X dan XI dari jurusan IPA dan IPS. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan universitas dan jurusan studi pendidikan tinggi sejak dini. “Dengan begitu, mereka sudah bisa menentukan jurusan apa dan universitas mana saat nanti meneruskan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Kegiatan studi banding ke UIN Jakarta sendiri diisi dengan presentasi tim sosialisasi dari Subag Dokumentasi dan Publikasi dan tanya jawab informasi perkuliahan di UIN Jakarta. Presentasi menyajikan informasi jalur seleksi masuk calon mahasiswa, profil dan akreditasi program studi, beasiswa, dan tariff uang kuliah tunggal.

Sementara itu, Feni dalam presentasinya mengungkapkan, UIN Jakarta sangat terbuka bagi para calon mahasiswa yang meminati kuliah di sini. Terlebih bagi kalangan siswa berlatar belakang santri seperti Sekolah Daarul Istiqomah Maros.

 “Sebab kurikulum pembelajaran di UIN Jakarta bersifat integratif, memadukan nilai keislaman dan ilmu pengetahuaan. Sehingga, profil sarjana lulusannya adalah santri yang profesional atau profesional yang santri,” pungkasnya. (farah nh/yuni nk/zm)