Santri Darunnajah Antusias Ingin Kuliah di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Salah satu Tim Sosialisasi Nanang Syaikhu tengah menjelaskan mengenai kampus UIN Jakarta di hadapan para santri kelas 6 di kompleks Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta Selatan, Sabtu (12/11).

Salah satu Tim Sosialisasi Nanang Syaikhu tengah menjelaskan mengenai kampus UIN Jakarta di hadapan para santri kelas 6 yang memadati gedung aula di kompleks Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta Selatan, Sabtu (12/11).

Jakarta, BERITA UIN Online – Sejumlah santri kelas 6 dari Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta Selatan, menyatakan minat mereka untuk dapat kuliah di UIN Jakarta. Selain ingin kuliah di fakultas keagamaan, di antara mereka juga tak sedikit yang berminat di fakultas umum.

Keinginan dan harapan para santri tersebut terungkap saat UIN Jakarta mengadakan sosialisasi atau pengenalan kampus di Kompleks Pesantren Darunnajah, Jakarta Selatan, Sabtu (12/11). Saat sosialisasi berlangsung, para santri tampak bersemangat dengan mengajukan berbagai pertanyaan. Di antaranya soal akreditasi program studi, biaya kuliah dan pendaftaran, beasiswa, fasilitas dan kegiatan mahasiswa, serta prospek lulusan.

Imas Masturoh misalnya, ia berkeinginan untuk kuliah di UIN Jakarta, khususnya di Fakultas Syariah dan Hukum. Ia berminat lantaran ingin mendalami ilmu falak dan ilmu faraidh (mawaris). “Iya saya suka dengan ilmu itu dan berharap dapat melanjutkan sekolah ke UIN Jakarta,” ujar santri asal Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu.

Hal yang sama diutarakan Siti Maysaroh, santri asal Parung, Bogor, Jawa Barat. Menurut dia, keinginan kuliah di UIN Jakarta sudah lama diidamkannya. Selain jarak kampusnya dekat, di UIN Jakarta juga banyak program studi pilihan. Namun, katanya, ia masih sangsi apakah lolos atau tidak saat ujian seleksi.

“Tapi saya akan berusaha dengan belajar. Siapa tahu cita-cita saya terwujud,” katanya sembari penuh harap.

Selain fakultas dan program studi keagamaan yang menjadi impian para santri, mereka juga banyak yang meminati fakultas umum, di antaranya Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bahkan mereka berharap dapat diterima melalui jalur prestasi sehingga tidak harus mengikuti seleksi tertulis.

Tim sosialisasi UIN Jakarta di Pesantren Darunnajah dilakukan oleh tiga orang dari Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, yakni Nanang Syaikhu, Luthfi Rijalul Fikri, dan Umar Syarif. Sedangkan presentasi dilakukan oleh Nanang Syaikhu yang diawali dengan ice breaking. (ns)