Gedung SPs UIN Jakarta, BERITA UIN Online – Pemindahtugasan alias rotasi bagi pegawai merupakan hal biasa dalam sistem birokrasi. Hal itu dilakukan untuk menghindari kebosanan bertugas dan mencegah kemungkinan munculnya dampak negatif.

“Kemungkinan munculnya dampak negatif itu bisa saja terjadi bagi para pegawai yang sudah terlalu lama bertugas. Apalagi pegawai yang bekerja di bidang keuangan, sehingga yang bersangkutan harus segera dipindah,” kata Direktur Sekolah Pascasajana (SPs) UIN Jakarta Prof Dr Masykuri Abdillah saat acara pelepasan tiga pegawai lama dan penyambutan tiga pegawai baru yang bertugas di bidang pengamanan (satpam) kampus di Ruang Resource Center, Selasa (6/10). Acara lepas sambut dihadiri Ketua Program Doktor Prof Dr Didin Saepuddin, Ketua Program Magister Dr JM Muslimin, dan Kasubag Non Struktural Retno Wulansari, MSi.

Selain untuk menghindari kebosanan, pemindahtugasan juga bertujuan sebagai promosi bagi bersangkutan. Dengan kata lain, seseorang dapat dipromosikan untuk menduduki jabatan tertentu apabila layak atau dianggap cakap dan mampu.

“Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa jabatan itu tidak akan lama. Hari ini kita dilantik besok bisa saja dicopot atau dipindahkan,” ujar mantan Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Jakarta periode 2003-2007 itu.

Ketiga petugas satpam SPs UIN Jakarta yang dimutasi itu adalah Cecep Usman, Rojalih, dan Nisan Ni’an. Mereka dimutasi berdasarkan Keputusan Rektor UIN Jakarta Nomor 586 dan 586 Tahun 2015 terhitung sejak 1 Oktober 2015. Cecep Usman dimutasi ke Ma’had Aly, sedangkan Rojalih dan Nisan Ni’an dimutasi ke gedung Rektorat.

Selain melepas pegawai satpam lama, Direktur juga menerima dan menyambut tiga pegawai satpam baru sebagai pengganti mereka. Ketiga satpam baru itu adalah Warsito dari sebelumnya bertugas di Asrama Putri, Sulaiman (Rektorat), dan Idris Sardi (Rektorat).

“Kami berharap petugas baru satpam dapat bekerja dengan baik dan saling bekerja sama di bidang pengamanan kampus, khususnya di SPs UIN Jakarta,” kata Direktur. Sebagai ungkapan terima kasih, Direktur kemudian memberikan souvenir kepada ketiganya.

Sebagaimana diberitakan, Rektor UIN Jakarta memutasi dan merotasi sedikitnya 34 pegawai satpam PNS dan 48 pegawai satpam non PNS. Mereka bertugas di berbagai unit kerja di lingkungan UIN Jakarta. (NS)

Share This